Berita / Prestasi

Dosen STAIN Madina Lulus Fasilitator Program Sekolah Penggerak Kemdikbud RI; Hadiri Rakortek Bersama BBGP Sumut

JULI AHMAD, M.Pd.I (Koord. Humas) - 25 Oktober 2022


Panyabungan - Selasa 25 Oktober 2022. Sejumlah dosen STAIN Madina mengikuti kegiatan Rapat Koordinasi Teknik Fasilitator Sekolah Penggerak Tahun 2022. Kegiatan ini digelar oleh BBGP Sumut di The Hill Hotel & Resort Sibolangit Sumatera Utara.

Sebagai informasi ada dua orang Dosen STAIN Madina lulus dan aktif sebagai Pelatih Ahli/Fasilitator pada Program Sekolah Penggerak Kemendikbudristek RI. Mereka adalah Raja Ritonga, Lc., M.Sy., dan Tauhid, M.Pd.

Untuk diketahui bahwa program sekolah penggerak merupakan upaya pemerintah dalam meningkatkan mutu pendidikan secara nasional dengan meluncurkan merdeka belajar dengan menekankan terwujudnya profil pelajar pancasila.

Sesuai dengan penjelasan Raja Ritonga, M.Sy., bahwa seorang Pelatih Ahli/ Fasilitator diberikan amanah untuk mendampingi sebanyak 3 sampe 5 sekolah dan berdasarkan arahan Ditjen GTK dan BBGP Sumut.

"setiap Pelatih Ahli/Fasilitator memberikan pendampingi pada 3 sampe 5 sekolah. Semua bentuk pendampingan berdasarkan atas arahan Ditjen GTK Kemdikbudristek RI dan Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Sumatera Utara" kata beliau

Pada kegiatan pembukaan acara Rakortek, Irwan TB sebagi Ketua Pokja Program Sekolah Penggerak di Sumatera Utara menyampaikan bahwa panitia dengan semangat optimis menyiapkan kegiatan Rakortek.

"kita penuh semangat dan optimis dalam menyiapkan kegiatan ini, karena kita ingin mewujudkan silaturrahmi antar semua fasilitator dengan keluarga besar BBGP" jelas beliau

Lebih lanjut beliau menyampaikan bahwa kegiatan pendampingan dapat dilakukan semakin baik ke depan untuk pengembangan program sekolah penggerak.

Sementara itu, Kepala BBGP Sumut, Dr. Joko Ahmad Julifan, S.T., M.Si, menyampaikan arahannya bahwa kehadiran BBGP Sumut untuk membersamai mitranya untuk meningkatkan kompetensi. 

"Kehadiran BBGP tentu melakukan upaya dalam meningkatkan kompetensi mitra kita, di antaranya untuk mensukseskan pelaksanaan program guru penggerak, pelaksanaan program sekolah penggerak dan pelaksanaan implementasi kurikulum merdeka" kata beliau

Sebagai penutup, bahwa kegiatan yang digelar pada 25 s.d 27 Oktober 2022 ini diikuti sebanyak 36 Fasilitator angkatan pertama dengan sekolah dampingan 164 dan sebanyak 73 Fasilitator angkatan kedua dengan sekolah dampingan 385 menyebar di seluruh Kabupaten/Kota Sumatera Utara.

Ayo Semangat! STAIN Madina Menuju IAIN. (Tim Humas)

Share To :