Berita / Kampus

DWP STAIN Madina Ikuti Pengajian Rutin Kemenag RI Secara Daring

JULI AHMAD, M.Pd.I (Koord. Humas) - 16 Januari 2024


Panyabungan – Selasa, 16 Januari 2024. Dharma Wanita Persatuan (DWP) STAIN Mandailing Natal ikuti pengajian bulanan DWP Kementerian Agama Republik Indonesia secara daring. Kali ini tema yang diangkat adalah “Peran Keluarga dalam Membangun  Pribadi Berintegritas” bersama narasumber Ibu Nyai Dr. Nur Rofi’ah. Bil. Uzm. Acara dihadiri oleh Penasehat DWP Kemenag RI Ny. Hj. Eny Retno Yaqut, Ketua DWP Kemenag RI Ny. Hj. Farikhah Nizar Ali dan jajaran pengurus serta Ketua dan anggota DWP se-Indonesia. 

Dalam sambutannya, Penasehat DWP Kemenag RI Ny. Hj. Eny Retno Yaqut menyampaikan bahwa ada tiga hal yang menjadi alasan tema tersebut diangkat. Pertama, Keluarga merupakan komunitas primer dalam ranah pendidikan. Setiap anggota keluarga dapat saling belajar bahkan anak-anak sekarang sudah dapat mengajarkan orang tua tentang dunia gadget. Kedua, Unicef dan WHO sudah mengembangkan care for child development, maka orang tua perlu meningkatkan serta mengembangkan kerjasama dan kolaborasi dalam mendidik anak. Ketiga, Secara sosial, banyak konflik atau bahkan turunnya integritas yang terjadi pada anak, maka perlu pemahaman, guiden atau pendampingan dari para orang tua.

"Allah menciptakan kita dengan jasad yang tidak akan berguna jika tidak ada akal, dan akal tidak akan berguna jika tidak ada ilmu, ilmu inipun tidak akan terlalu berguna jika kita tidak mengamalkannya. Apa yang kita dapatkan nanti dapat kita implementasikan sebagai penyempurna pola asuh kita pada anak-anak” ujar Ny. Hj. Eny Retno Yaqut.

Ketua DWP STAIN Mandailing Natal Ny. JWS Rizki Sumper Mulia yang hadir secara virtual bersama para jajaran pengurus dan anggota DWP STAIN Mandailing Natal merasa senang dapat berpartisipasi dalam agenda rutin tersebut.

“Sangat bermanfaat, kegiatan ini menjadi sebuah ajang untuk kita bersilaturrahmi sekaligus mengambil berbagai pelajaran. Tema yang diangkat hari ini sangat sesuai untuk masa sekarang ini, ditengah gempuran teknologi, kita para ibu-ibu juga harus memperhatikan bagimana membangun integritas ditengah keluarga.” Ucap beliau.

Pada momen tersebut Ketua DWP STAIN Madina juga berkesempatan menyampaikan pertanyaan kepada Ibu Nyai Dr. Nur Rofi’ah. Bil. Uzm. Beliau menanyakan tentang hikmah yang dapat diambil dari konsep keluarga dalam Islam terkait perannya dalam membentuk pribadi berintegritas.

Anggota DWP STAIN Madina dengan khusyu’ mengikuti acara dari awal hingga selesai. Pada akhir acara, Ketua dan Anggota DWP STAIN Madina menyempatkan diri mengambil momen tersebut dengan berfoto bersama.

Ayo Semangat! STAIN MADINA Menuju IAIN. (Tim Humas)

Share To :