Berita / Akademik

Gelar Seminar Implementasi Kurikulum Merdeka; HMPS Prodi PAI STAIN Madina Melek Perkembangan Pendidikan di Tanah Air

JULI AHMAD, M.Pd.I (Koord. Humas) - 30 Oktober 2022


Panyabungan – 30 Oktober 2022. HMPS Prodi PAI STAIN Madina sukses menggelar Seminar Nasional dengan tema Impelementasi Kurikulum Merdeka. Kegiatan tersebut digelar Aula Gedung Baru dengan menghadirkan Dr. Syawaluddin, M.Pd., dan Ahmad Taufik Nasution, S.Ag., M.Pd.I (28/10/2022).

Pada acara pembukaan, Ketua Prodi PAI, Muhammad Irsan Barus, M.A., menyampaikan bahwa kegiatan yang digelar oleh HMPS merupakan hal baru dan kekinian dalam dunia pendidikan di Indonesia.

“ini sangat luar biasa, tema implementasi kurikulum merdeka merupakan hal yang sangat baru dalam dunia pendidikan di negara kita, ini salah satu gaweaan dari Balai Besar Guru Penggerak” tutur beliau

Pada kesempatan itu, Ketua STAIN Madina, Dr. H. Sumper Mulia Harahap, M.Ag., melalui Wakil Ketua, Dr. H. Kasman, MA., mengatakan bahwa projek terkait kurikulum merdeka menjadi kajian yang sangat menarik untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indoensia.

“kurikulum merdeka sangat menarik untuk kita bahas, implementasinya sampai saat ini masih belum tuntas tentunya, karena itu sangat tepat kita membahasnya dengan para narasumber yang mempunyai pengalaman terkait dengan kurikulum merdeka di sekolah-sekolah penggerak maupun non penggerak” tutur beliau

Untuk diketahui, bahwa salah satu narasumber, Ahmad Taufik Nasution, M.Pd., merupakan guru penggerak dan sudah terbiasa melakukan praktik baik yang berhubungan dengan implementasi kurikulum merdeka.

“kurikulum merdeka ini baru berjalan pada sekolah penggerak saja, namun kita harus memandang ke depan, bahwa kebijakan pemerintah saat ini sudah mulai menegaskan untuk penggunaan kurikulum meredeka di semua sekolah di bawah kemdikbud” jelas beliau

Masih dalam penjelsannya, bahwa projek profil pelajar pancasilan merupakan khas dan target utama dalam implementasi kurikulum merdeka.

Sedangkan narasumber kedua, Dr. Syawaluddin menjelaskan bagaimana kurikulum merdeka di sekolah-sekolah harus muncul bahasannya di perkuliahan, sehingga sarjana pendidikan tidak kaget dengan regulasi perubahan kurikulum di sekolah nantinya.

“model dan praktik kurikulum merdeka yang sudah menjadi kebijakan pemerintah di sekolah-sekolah, harus menjadi kajian di semua kampus, karena teorinya harus dikuatkan dan disesuaikan, sehingga para sarjana pendidikan yang baru lulus tidak kaget dengan regulasi yang ada” tegas beliau

Sebagai informasi, bahwa pelaksanaan seminar nasional tersebut mendapat sambutan yang sangat antusias dari semua dosen dan mahasiswa Prodi PAI. Pengurus HMPS yang menjadi sponsor dalam kegiatan tersebut mengucapkan terimakasih mereka kepada seluruh unsur pimpinan atas dukungan untuk mensukseskan semua rangkaian acara.

Ayo Semangat! STAIN Madina Menuju IAIN. (Tim Humas)

Share To :