Berita / Kampus

Ikuti Rakernas DWP, Ketua DWP STAIN Madina Ny. JWS Rizki Sumper Mulia : Kita Siap Optimalkan Potensi DWP STAIN Madina

JULI AHMAD, M.Pd.I (Koord. Humas) - 05 Februari 2024


Semarang  - Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) STAIN Mandailing Natal hadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) DWP Kemenag RI tahun 2024. Kegiatan tersebut berlangsung di lantai 6 Gamaya Tower Hotel, Jl. Gajahmada No.59-61,  Kota Semarang, Jawa Tengah. Mengusung tema “Optimalisasi Potensi Dharma Wanita Persatuan Kementerian Agama Republik Indonesia dalam Mencapai Kinerja yang BERKUALITAS”, Rakernas DWP 2024 akan digelar mulai hari ini, tanggal 05 s/d 07 Februari 2024. Agenda ini dibuka langsung oleh Penasehat DWP Kementerian Agama RI, Hj. Eny Retno Yaqut.

Dalam arahannya, Ny. Eny Retno mengatakan Tema diatas dipilih dengan harapan, dapat menjadi RUH atau semangat yang dapat mendorong/memotivasi organisasi DWP menjadi lebih baik, lebih berkualitas dan berhasil maksimal.

Beliau mendorong pengurus dan anggota DWP Kemenag se Indonesia untuk mengasah potensi diri dan potensi organisasi guna peningkatan kinerja yang lebih baik.

"Dalam organisasi potensi dapat dikaitkan dengan sebuah kemampuan diri atau kelompok untuk memperoleh prestasi atau kinerja yang lebih baik.," ucap Eny Retno.

Masih menurut Ny. Eny Retno, setidaknya ada tujuh cara meningkatkan potensi diri dalam berorganisasi : 1. Menemukan potensi diri 2. Menentukan Tujuan 3. Menata Niat dan Memotivasi Diri 4. Mulai dengan Hal Kecil dan Mudah untuk dilakukan 5. Konsisten terhadap apa yang sudah dilakukan 6. Temukan Gaya Bekerja 7. Menghargai Pencapaian.

Beliau juga menjelaskan bagaimana cara/taktik untuk meningkatkan kualitas organisasi melalui menejemen kinerja yang efektif dan efisien, yaitu dengan : Menetapkan Tujuan Yang Jelas. Komunikasikan Dengan Konsisten. Pertimbangkan Training dan Pengembangan. Gunakan Alat Manajemen Kinerja Yang baik. Berikan Umpan Balik Yang Teratur. Kenali dan Apresiasi Kontribusi pengurus/anggota

Karena itu, Ny. Eny Retno juga mengimbau pentingnya para anggota dan pengurus DWP untuk senantiasa menjalin tali silaturrahmi.

Terkait pelaksanaan Rakernas 2024, Ny. Eny Retno memberikan apresiasi yang sangat tinggi. Beliau mengatakan Rakernas tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

"Tahun ini Rakernas dikemas dalam bentuk yang lebih baik dimana  pada tahun sebelumnya Rakernas masih dengan cara lama, yaitu ibu-ibu datang, duduk, dengar  dan diam. Sekarang datang dengan draft program kerja yg  sudah ada dan Insya Alllah kembali dengan Program Kerja 2024," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua DWP STAIN Madina Ny. JWS Rizki Sumper Mulia yang turut hadir sebagai peserta pada Rakernas ini mengaku  sangat senang dapat membersamai agenda tahunan kali ini, beliau antusias mendengarkan arahan Penasehat DWP Kemenag RI.

"Sebuah kehormatan dapat berkumpul bersama Keluarga Besar DWP Kemenag RI dibawah bimbingan Ny. Eny Retno, arahan yang beliau sampaikan sangat penting untuk kita realisasikan pada program kerja ditahun ini.," ucapnya.

Ny. JWS Rizki juga menyampaikan akan menindaklanjutinya dengan merancang kegiatan bersama DWP STAIN Madina.

"Setelah ini, In syaa Allah akan kita coba merealisasikan program-program yang mendukung kinerja DWP STAIN Madina sesuai arahan Penasehat DWP Kemenag RI Ny. Eny," ungkap beliau.

Ayo Semangat! STAIN Madina Menuju IAIN. (Tim Humas)

Share To :