Berita / Kampus

Ketua SPI STAIN Mandailing Natal, Nanang Arianto, M.A. Ikuti Workshop Penguatan SPI Di Tangerang

Raja Ritonga, M.Sy (Koord. Humas) - 30 November 2022


Tangerang - 30 November 2022. Kepala Satuan Pengawasan Internal (SPI) STAIN Mandailing Natal Nanang Arianto, M.A. mengikuti Workshop Penguatan SPI. Pelatihan ini digelar di Hotel Mercure Serpong Alam Sutera, Kota Tangerang, Senin-Rabu (28-30/11). Kegiatan yang dihadiri oleh kepala-Kepala SPI dari berbagai Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) bertujuan untuk memberikan fasilitas kepada kepala SPI diseluruh PTKIN  terkait implementasi atas kerangka kerja pengawasan dengan konsep baru sesuai arahan Menteri Agama RI.

Acara yang dibuka oleh Direktur Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis)i Kementerian Agama RI Prof. Dr. H. Muhammad Ali Ramdhani, S.TP., M.T.  tersebut mengangkat tema “Penguatan SPI Melalui Capacity Building Pada PTKIN ". Beliau menyampaikan Arahan dan Kebijakan Ditjen Pendidikan Islam tentang percepatan kualitas PTKIN lewat peran SPI PTKIN.

Disamping itu turut hadir sebagai pemateri yaitu Kastolan, S.Pd., M.Si (Sekretaris Inspektorat Jenderal Kementerian Agama), Dikdik Sadikin, Ak. M.Si. (Direktur Pengawasan Bidang Pengembangan SDM dan Kebudayaan), Dr. Syafi’i, M.Pd (Plt. Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam) M. Aziz Hakim, MH (Kasubbag TU Diktis) dan Ketua Forum SPI H. Abdul Hamid Ceba.

Adapun materi yang didiskusikan adalah mengenai Indikator Kinerja Satuan Pengawasan Internal sebagai APIP pada PTKIN, kemudian rapat komisi terkait penyempurnaan revisi PMA Nomor 25 tahun 2017 tentang Satuan Pengawas Internal pada Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri, sampai pada Naskah Akademik Standar Biaya Masukan Lainnya untuk SPI bentuk Satker PNBP.

Pada kesempatan yang lain, Ketua STAIN Mandailing Natal menyampaikan bahwa progres yang akan dilalui nanti oleh SPI tentu membutuhkan dukungan dari seluruh pihak internal kampus. Oleh karena itu, dalam pencapaian yang diharapkan STAIN Madina akan mendukung penguatan implementasi kinerja SPI kedepan. Beliau berharap agenda ini memberikan dampak positif terhadap lembaga perguran tinggi di seluruh Indonesia dan STAIN Mandailing Natal tentunya.

Ayo Semangat! STAIN Madina Menuju IAIN. (TIM Humas)

Share To :