Berita / Kampus

Ketua STAIN Madina Adakan Rapat Koordinasi UM-PTKIN Dengan Unsur Pimpinan, Seluruh Ketua Prodi dan Sekretaris

- 03 Januari 2020


Panyabungan, Jum’at 27 desember 2019. Ketua STAIN Mandailing Natal, Dr. Torkis Lubis,D.E.S.S, mengadakan rapat koordinasi tentang Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN).  Rapat ini digelar di aula STAIN Madina sesaat setelah pelantikan Wakil Ketua I bidang akademik dan kelembagaan. Rapat yang diikuti seluruh Ketua Prodi dan sekretaris ini juga dihadiri oleh Kepala Satuan  Pengawas Internal, Drs. Mukhlis, M.Si, Kabag Umum, Drs. Abdul Saman, M.H, Wakil Ketua I bidang Akademik dan Kelembagaan, Dr. Kasman, M.A, dan Kasubbag Umum, Irfan Mustofa, S.E, M.A. yang  sekaligus memandu acara rapat.

Ketua STAIN Madina dalam arahannya menyampaikan kepada seluruh ketua prodi agar memulai sosialisasi UM – PTKIN ini ke sekolah-sekolah. Adapun jalur Seleksi Prestasi akademik Nasional  (SPAN) PTKIN tahun 2020 dijadwalkan akan dimulai tanggal 15 april  2020 mendatang. SPAN-PTKIN merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh UIN/IAIN/STAIN dalam satu sistem terpadu dan diselenggarakan secara serentak oleh panitia pelaksana yang ditetapkan Menteri Agama Republik Indonesia. SPAN adalah jalur khusus bagi siswa-siswi berprestasi akademik unggul lulusan MA/MAK/SMA/SMK/dan Pesantren untuk seleksi masuk ke Perguruan Tinggi Islam Negeri.

 Dalam rangka mempromosikan UM-PTKIN dan SPAN tersebut, Dr. Torkis memberi arahan agar setiap prodi mulai melaksanakan kegiatan sharing pengalaman dan pengetahuan ke sekolah-sekolah. Kegiatan-kegiatan yang dimaksud seperti, kegiatan Pramuka, sosialisasi tentang teknologi, pelatihan bahasa Arab dan bahasa Inggris, tahsinul qur’an, dan lain sebagainya, yang tentunya setiap prodi punya program khusus untuk mengenalkan jurusannya kepada masyarakat, terutama siswa-siswi Sekolah Menengah di kabupaten Madina.

Rapat koordinasi tersebut diselingi dengan munculnya beberapa pertanyaan dari ketua prodi berkenaan kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan tugasnya. Dr. Torkis Lubis didampingi Kabag Umum, Wakil Ketua I, dan Kepala SPI, memberikan pencerahan, bimbingan dan arahan atas pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan oleh ketua prodi dan sekretaris.  Tidak lupa di akhir arahannya, Dr. Torkis menyampaikan harapannya kepada aggota rapat agar seluruh unsur pimpinan STAIN Madina beserta para dosen dan pegawai senantiasa bekerjasama untuk memajukan STAIN Madina ke depannya. Beliau optimis tahun ajaran 2020/2021 STAIN Madina akan capai target 2000 Mahasiswa baru. (Humas/ Rita)

Share To :