Berita / Kampus

Menag RI Yaqut Cholil Qoumas Buka Secara Resmi Perhelatan PESONA I di UIN Bandung Antar PTKN Se-Indonesia

Raja Ritonga, M.Sy (Koord. Humas) - 10 Agustus 2022


Panyabungan – 10 Agustus 2022. Menteri Agama Republik Indonesia H. Yaqut Cholil Qoumas resmi membuka even Pekan Seni dan Olahraga (Pesona) I Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) tahun 2022 pada Selasa (09/08). Acara pembukaan Pesona diselenggarakan di kampus II UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Pada pembukaan Pesona turut dihadiri oleh Direktur Jenderal Direktorat Jenderal Pendidikan Agama Islam Prof. Dr. H. Muhammad Ali Ramdhani, S.TP., M.T., Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Kemenag Republik Indonesia Prof. Dr. Suyitno, M.Ag., Kepala Kepolisian Daerah Jawa Barat Irjen Suntana dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung Prof. Dr. H. Mahmud, M.Si menyampaikan bahwa kegiatan Pesona merupakan gelaran pertama yang diikuti perwakilan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri, Perguruan Tinggi Keagamaan Kristen, Hindu, dan Buddha dengan total peserta mencapai 3549 peserta. Pesona I Bandung akan dilaksanakan selama 5 hari dimulai pada Senin hingga Sabtu (8-13 Agustus 2022). Adapun jumlah cabang yang akan diperlombakan adalah sebanyak 22 cabang yang terdiri 12 bidang seni dan 10 pertandingan olahraga.

Dalam pidato sambutan acara, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyatakan apresiasinya atas terlaksananya even besar pertama yang melibatkan 61 Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri di Indonesia. Yaqut menyampaikan pertandingan olahraga merupakan pertandingan prestasi. Bagi siapa yang menguasai permainan maka peluang untuk menang semakin besar. Dalam kesempatan tersebut, ia juga mengungkapkan harapannya agar kegiatan Pesona dapat terus dilanjutkan. “Pesan saya even ini jangan sampai putus, apalagi sudah ada piala bergilirnya,” tandas Yaqut.

Dr. H. Sumper Mulia Harahap, M.Ag., selaku Ketua STAIN Madina juga turut hadir pada pembukaan Pesona I Bandung. Beliau menyampaikan bahwa event ini adalah ajang bagi STAIN Madina untuk terus berkembang. Dilihat dari aspek lainnya, kegiatan ini bukan hanya sebuah perlombaan namun juga sebagai ajang silaturrahim dan exchange ideas  dari berbagi PTKN yang ada di Indonesia.

Disamping itu, beliau juga berpesan kepada para peserta lomba kontingen STAIN Madina untuk terus semangat agar memperoleh hasil maksimal. Ketua STAIN Madina mengungkapkan kembali bahwa nilai tertinggi bukan hanya melalui perolehan peringkat teratas, namun juga melalui kerja keras. "Ananda kami sekalian, kalian merupakan jawara kami sekaligus juara di hati kami semua. Terus semangat dan jadilah yang terbaik." tegas Dr. Sumper Mulia.

Sebagai Informasi, turut hadir pada acara pembukaan Pesona I PTKN 2022 perwakilan dari STAIN Madina; Ketua DWP STAIN Madina, Ny. JWS Rizki Sumper Mulia. Wakil Ketua Bidang Administrasi dan Keuangan, Dr. H. Kasman, M.A. Wakil Ketua Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr. H. Irma Suryani Siregar, M.Pd. Serta seluruh peserta beserta official kontingen STAIN Madina.

Ayo Semangat! STAIN Madina Menuju IAIN. (Tim Humas)

 

Share To :