Berita / Kemahasiswaan

Meriah! Olimpiade Matematika HMPS Prodi Tadris Matematika Sukses Digelar

JULI AHMAD, M.Pd.I (Koord. Humas) - 01 Oktober 2023


Panyabungan – Sabtu, 30 September 2023. Himpunan Mahasiswa (HMPS) Program Studi Tadris menggelar Olimpiade Matematika Geometrics  ke-1. Acara berlangsung di Aula Gedung Baru Pada Sabtu (30/09/2023).

Dr. Irma Suryani Siregar, M.A selaku Wakil Ketua III bidang Kerjasama dan Kemahasiswaan STAIN Mandailing Natal hadir memberikan kata sambutan sekaligus membuka secara resmi Olimpiade Matematika Geometrics ke-1. Beliau mengungkapkan apresiasi dan menyampaikan bahwa kegiatan Olimpiade Matematika ini merupakan bagian yang banyak dilangsungkan di STAIN Madina oleh prodi-prodi lain dengan tujuan meningkatkan keterampilan dan keilmuan.

“Kegiatan Olimpiade Matematika ini sebenarnya bagian dari kegiatan-kegiatan hampir serupa yang dilaksanakan di STAIN Madina. Seperti English festival, dan kegiatan lain oleh prodi-prodi lain. Kebetulan prodi Matematika ini masih baru dan apresiasi untuk mahasiswa dan HMPS yang membuat kegiatan Olimpiade Matematika ini,” ujarnya.

Beliau juga menyampaikan bahwa STAIN Madina sudah memiliki prodi-prodi berbasis sains seperti prodi Matematika dan bisa menjadi pilihan untuk kuliah bagi peserta yang kini sedang duduk di SMA/SMK/MA.

“STAIN banyak punya prodi-prodi baru, salah satunya prodi Tadris Matematika ini. Jadi adek-adek (peserta) nanti tamat SMA atau MAN bisa melanjutkan studi kuliah di STAIN Madina,” pungkasnya.

Ketua Prodi Tadris Matematika Suadi, M.Pd mengatakan bahwa Olimpiade Matematika menjadi ajang untuk menarik minat masyarakat belajar Matematika dan mencari bibit-bibit unggul yang ahli  Matematika di masa depan. Beliau juga menekankan bahwa Matematika adalah akar dan ibu ilmu-ilmu sains.

“Ya, Matematika itu kan bagi sebagian orang dianggap sulit dan susah dipahami. Dengan adanya Olimpiade Matematika ini, semua masyarakat, khususnya siswa SMA/SMK/MA menjadi lebih tertantang belajar Matematika dan siap berkompetisi. Semua peserta Olimpiade Matematika hari ini adalah pemenang, namun tidak semua juara. Jadi, jadikan untuk mengasah skill dan kemmapuan. Perlu diingat juga bahwa Matematika ini akar atau ibu dari segala pengetahuan, Bahkan facebook dan Microsoft yang tiap hari kita pakai itu bisa berfungsi karena dasarnya menggunakan bahasa pemograman matematika,” ujarnya.

Ketua HMPS Matematika Feriansyah Siregar menambahkan bahwa Olimpiade Matematika menjadi  ajang melatih minat dan mental untuk berkompetisi secara sehat.

“Adek-adek SMA/SMK/MA, olimpiade Matematika ini jadikan sebagai ajang mengasah ilmu, mengasah mental dan meningkatkan kemampuan diri,” ucapnya.

Ketua Panitia Munawir Ahmad Rangkuti memberikan laporan bahwa Olimpiade Matematika diikuti oleh 160 peserta siswa-siswi dari SMA/SMK/MA sederajat se-Kabupaten Mandailing Natal.

Sebagai Informasi, Hasil Olimpiade Matematika Geometrics ke-1 menempatkan juara 1 sukses diraih oleh Afifurrahman Harahap dari SMA 2 Plus Panyabungan dengan nilai 46,3. Kemudian juara 2 oleh Sultan Hamdi Jailany Daulay dari SMA 2 Plus Panyabungan dengan nilai 30 dan juara 3 oleh Nadran Islamy Putra Kholil Nasution juga dari SMA 2 Plus Panyabungan dengan nilai 29,6. Sementara itu juara harapan 1 dimenangkan oleh Alvi Sahri dari MAN 1 Mandailing Natal dengan nilai 29,3. Juara Harapan 2 diraih oleh Rahma Alya dari SMA IT Al-Husnayain dengan nilai 27,6 dan Juara Harapan 3 disabet oleh Ulya Nabila, juga siswa perwakilan dari MAN 1 Mandailing Natal dengan nilai 27,3.

Ayo Semangat! STAIN MADINA Menuju IAIN. (Tim Humas)

Share To :