Berita / Akademik

PENGABDIAN MASYARAKAT PROGRAM STUDI PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI MANDAILING NATAL

JULI AHMAD, M.Pd.I (Koord. Humas) - 28 Mei 2024


Panyabungan - Selasa, 28 Mei 2024. Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) STAIN Mandailing Natal  menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat tepatnya pada hari Sabtu ( 18-05-2024 ) pada jam 09.30 - 11.00 di desa Aek Banir, Kecamatan Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal Sumatera Utara.

Kegiatan pengabdian masyarakat oleh tim dosen dan mahasiswa dari sekolah tinggi agama Islam negeri Mandailing Natal dan dosen yang turut hadir pada acara pengabdian masyarakat ini yaitu : 

Adapun tema pengabdian masyarakat ini adalah"Membangkitkan  kembali permainan zaman dahulu (tradisional)".

Pada kegiatan ini dihadiri oleh ibu Kaprodi pendidikan Islam anak usia dini beserta dengan dosen dan mahasiswa yang dimana pada kata sambutannya ibu kaprodi PIAUD ( Ibu Kholidah Nur, S. Ag. M. A ) mengatakan permainan ini dibuat agar mengingat kembali permainan- permainan zaman dahulu supaya anak-anak di desa Aek Banir tidak bergantung pada gadget. Setelah sambutan dari ibu kaprodi selanjutnya kata sambutan dari kepala sekolah paud Umbut Baru selaku sekolah yang dituju untuk melakukan pengabdian masyarakat tersebut. Yang dimana dalam sambutan tersebut ibu kepala sekolah paud mengucapkan banyak terimakasih kepada dosen dan mahasiswa yang sudah berhadir meringankan langkahnya dalam berbagi ilmu dengan masyarakat sekitar. 

Selesai kata sambutan dilanjutkan dengan acara bermain bersama, dengan permainan yang dimainkan adalah :

1. Engrang Batok 

2. Lompat Tali 

3. Lompat Pelepah Pisang 

4. Dopang- Dopang 

5. Petak Umpet (nenek kebayan)

6. Bola Simbang

7. Kelereng (gundu)

8. Lempar sendal

9. Lompat karung 

10. Engklek

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk melestarikan budaya lokal, membangun kebersamaan dan kerjasama, mengurangi ketergantungan terhadap teknologi, meningkatkan keterampilan sosial, mengembangkan kreativitas anak, mempererat hubungan antar generasi, membangkitkan minat sejarah dan budaya lokal, dan menciptakan lingkungan yang ramah anak.

Hasil dari  kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah terjalinnya hubungan baik antara dosen dan mahasiswa program studi pendidikan islam anak usia dini serta masyarakat desa Aek Banir.  Dan bertambahnya ilmu terkait permainan tradisional yang dapat digunakan anak untuk bermain dengan menyenangkan.

Dengan berakhirnya acara ini, kami mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi dan mendukung pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat.

Ayo Semangat ! STAIN MADINA Menuju IAIN. (Tim Humas)

 

 

 

 

Share To :