Berita / Akademik

Prodi BSA STAIN Madina Sukses Hadirkan Fadjloer Rahman di Acara Seminar Sastra

Raja Ritonga, M.Sy (Koord. Humas) - 02 November 2021


Panyabungan – 02 November 2021. Prodi Bahasa dan Sastra Arab STAIN Madina sukses menggelar webinar Nasional sastra (27/10/21). Webinar ini mengangkat tema “Kontribusi Sastra Dalam Mendorong Indonesia Maju”. Hadir sebagai narasumber Dr. Fadjroel Rachman (Duta Besar RI untuk Kazakhstan dan Tajikistan), Dr. M. Faisol, M.Ag., (Dekan Fakultas Adab & Humaniora UIN Malang), dan Dr. Cahya Buana, M.A., (dosen Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Ketika membuka acara seminar, Ketua STAIN Madina, Dr. H. Torkis Lubis, D.E.S.S., mengungkapkan kegembiraan beliau menyambut narasumber.

“narasumber kita sangat istimewa, Mas Fajroel Rachman, beliau sejak 2014 menjabat  juru bicara Presiden dan  saat ini sebagai Duta Besar RI untuk Kazakhstan dan Tajikistan. Beliau salah satu sastrawan Indonesia yang karyanya banyak di media.  Dr. Faisol dan Dr. Cahya adalah rekan saya, mereka sudah diakui kepakarannya di bidang sastra di PTKIN ternama di Indonesia” ungkap beliau

Acara yang dimoderatori langsung oleh Ketua Prodi BSA, Khairul Fuadi, M.Hum ini berjalan dengan sukes dan penuh kekeluargaan. Terlebih Ketua Prodi Muda ini merupakan mahasiswa binaan Dr. Cahya semasa di UIN Syarif Hidayatullah. Di sela penyampaian materi, suasana seminar juga dihangatkan dengan pembacaan puisi-puisi Fajroel Rachman oleh Rita Gamasari, M.A, dan Puisi Bahasa Arab oleh Nur Ainun Ritonga, M.Pd., dosen BSA STAIN Madina.

Banyak ilmu yang dapat digali dari webinar ini. Secara teori Dr. Faisol dan Dr. Cahya menguliti sastra arab dan sastra Indonesia dengan rinci, serta perannya dalam memajukan bangsa.

Sedangkan Dr. Fadjroel hadir membagikan trik-trik menarik dan pengalaman beliau menjadi seorang penulis dan sastrawan.

“Modal sastrawan adalah capital bahasa, capital menulis, capital membaca, dan capital  sosial, serta kritikus. Saya juga mendorong agar semuanya harus rakus dalam membaca dan jangan takut untuk menulis” papar beliau

Pada kesempatan itu juga, Rahmat Linur, M.Pd., sebagai ketua panitia mengucapkan terima kasihnya atas kehadiran ketiga pemateri.

“Ketiga narasumber kita tentu saja memiliki kesibukan dan jam terbang yang sangat padat. Namun, masih menyempatkan dan menyisihkan waktunya untuk berbagi ilmunya di acara webinar ini. Karena itu, atas nama Prodi BSA STAIN Madina, kami haturkan untaian doa agar narasumber kita selalu sukses dan sehat, dan terimakasih atas dukungan dan ilmu yang telah diberikan kepada kami” tutur Rahmat

Acara yang digelar secara tatap muka dan maya ini cukup menyedot daya tarik para pecinta sastra dari seluruh PTKIN yang ada di Indonesia. Total peserta Webinar mencapai 120 orang mengikuti secara virtual dan 50 orang mengikuti secara offline.

Sebagai informasi, hadir dalam acara ini Wakil Ketua Bidang Akademik dan Kelembagan, Dr. H. Kasman, M.A., seluruh dosen BSA, Mahasiswa dan  Perwakilan seluruh Prodi di STAIN Madina.

Semoga melalui seminar ini lahir sastrawan-sastrawan masa depan dari mahasiswa STAIN Madina untuk kemajuan peradaban di Indonesia.   

Ayo Semangat! STAIN Madina Menuju IAIN (Tim HUMAS)

Share To :