Berita / Akademik

Prodi Ekonomi Syariah STAIN Madina Sukses Gelar Workshop Bedah Kurikulum

Raja Ritonga, M.Sy (Koord. Humas) - 28 Juni 2022


Panyabungan – 28 Juni 2022. Prodi ES STAIN Madina mengadakan workshop untuk membedah kurikulum Program Studi menuju revolusi industri 4.0. Acara secara resmi dibuka oleh Ketua STAIN Madina, Dr. H. Sumper Mulia Harahap, M.Ag.

Pada kesempatan itu, Dr. H. Sumper Mulia Harahap memberikan arahannya kepada peserta workshop bahwa keberhasilan di masa depan bukanlah capaian secara tiba-tiba, namun hal tersebut harus ditanam sejak dini dan kerja keras.

“dengan workshop ini akan membuat model kurikulum yang akan melahirkan jiwa-jiwa interpreunership. Ingat, keberhasilan di masa depan merupakan hasil yang ditanam saat ini dan itu harus diraih dengan kerja keras” ungkap beliau

Kegiatan workshop langsung dipandu oleh Ketua Prodi ES, Edi Marjan, M.E., dengan menghadirkan narasumber dari akademisi dan praktisi, Dr. Darwis Harahap, M.Si., Jakpar Syahbuddin Ritonga, DBA., dan Delima Sari Lubis, M.A.

Dr. Darwis Harahap, S.HI., M.Si., menjelaskan bahwa penyesuaian kurikulum yang telah dilakukan sudah mengikuti merdeka belajar kampus merdeka (MBKM).

“pelaksanaan bedah kurikulum Prodi Ekonomi Syariah ini sangat tepat dilaksanakan dalam proses akreditasi Prodi. Secara garis besar mata kuliah di Prodi ES sudah mengikuti  kurikulum MBKM  (merdeka belajar kampus merdeka), ada beberapa hal yang perlu diberikan penguatan” papar beliau

Jakfar Syahbuddin Ritonga, DBA., menjelaskan bahwa kurikulum Prodi Ekonomi Syariah hendaknya memuat kurikulum berbasis sosial interpreunership guna menyiapkan lulusan yang kreatif dan inovatif. Disamping itu beliau mengapresiasi bedah kurikulum hari ini tepat sekali dilaksanakan dalam mempersiapkan prospek kerja pada  era  revolusi industri 4.0.

“saat ini, Prodi menghasilkan lulusan yang berjiwa interpreunership menjadi idaman mahasiswa dan masyarakat” kata beliau

Sebagai alumni  S3 Universitas Sains Malaysia (USM) yang mendapat gelar DBA (Doktor of Business Administration), beliau mengharapkan Dosen dan Mahasiswa program Studi Ekonomi Syariah agar membuang paradigma yang biasa-biasa saja dan harus bersikap berbeda dengan yang lain, oleh karenanya beliau berprinsip Out Of the Boks dalam memimpin dan membuat idea.

Sedangkan narasumber yang lain, Delima sari Lubis. MA., menekankan bahwa kurikulum MBKM hendaknya memuat sejumlah mata kuliah praktikum dan mengedepankan mata kuliah yang menunjang pada profil lulusan.

Sebagai informasi, acara yang dinakhodai oleh Drs. Hamonangan, M.Si., ini berjalan dengan sukses dan dihadiri oleh Wakil Ketua Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. Irma Suryani Siregar, M.A., seluruh dosen dan mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah.

Ayo Semngat! STAIN Madina Menuju IAIN. (Tim Humas)

 

 

Share To :