Berita / Kemahasiswaan

Prodi IAT STAIN Madina Sukses Laksanakan Sempro Perdana, Kaprodi IAT Amiruddin, M.TH : Kita Berikan Yang Terbaik Bagi Mahasiswa

JULI AHMAD, M.Pd.I (Koord. Humas) - 10 April 2023


Panyabungan – Senin, 10 April 2023. Program Studi Ilmu Alquran dan Tafsir (IAT) STAIN Mandailing Natal sukses menggelar agenda Seminar Proposal Skripsi Perdana. Acara dilaksanakan di Gedung perkuliahan STAIN Mandailing Natal pada Senin, (10/04).

Acara dihadiri langsung oleh ketua prodi IAT Amiruddin, M.TH serta Sekretaris IAT Khairul Bahri Nasution, M.H.I yang mana keduanya juga bertindak sebagai tim penguji bersama Aulya Adhli, M.Ag dan Nugraha Andri Afriza, M.Ag.

Seminar Proposal Skripsi merupakan salah satu rangkaian proses penting yang harus dijalani dan dilalui oleh setiap  mahasiswa  yang hendak menyelesaikan Ujian Akhir Skripsi. Oleh karenanya, pelaksanaan sempro perdana ini menjadi bagian penting sejarah prodi IAT STAIN Madina.

Tidak tanggung-tanggung, semangat mahasiswa prodi IAT berbanding lurus dengan jumlah mahasiswa yang ikut ambil bagian pada sempro perdana ini. Total empat orang mahasiswa yang mengikuti sempro perdana ini atau lima puluh persen dari total mahasiswa IAT Angkatan tersebut.

Mereka antara lain, Mauliya Syaputri NIM 19100005 dengan judul proposal “Makna Esoteris Doa Dalam al-Qur’an”. Dina Wahyuni NIM 19100003 dengan judul proposal “Interpretasi Makna Kata Syirik dalam Tafsir al-Azhar”. Nur Akidah NIM 19100007 dengan judul “Konsep Busana Muslimah Perspektif Mufassir Indonesia (Studi Komparatif Quraish Shihab dan Buya Hamka)”. Siti Aminah NIM 19100008 dengan judul “Koherensi Hijrah dan Jihad dalam tafsir Al-Azhar Karya Hamka”.

Sekretaris Prodi IAT, Khairul Bahri, M.H.I menyampaikan bahwa mahasiswa perlu dipacu dalam penyelesaian tugas akhir mereka. Namun kualitas tentu menjadi poros utama pelaksanaan sempro ini karena menurut beliau sempro perdana ini merupakan cermin sekaligus pondasi bagi mahasiswa IAT lainnya agar serius dalam menggarap tugas akhir mereka.

Amiruddin, M.TH selaku ketua Prodi IAT STAIN Madina mengatakan bahwa pelaksanaan sempro ini merupakan bagian dari upaya prodi agar mahasiswa dapat menyelesaikan studinya tepat waktu. Beliau juga menegaskan bahwa sekalipun ini sempro perdana, namun prodi tidak akan mengurangi kapasitasnya dalam pengujian mahasiswa.

“kita tetap mengacu pada sistematika penulisan karya ilmiah yang ada. Sehingga kualitas mahasiswa kita dapat diakui oleh dunia luar”. Ucap beliau.

Beliau mengucapkan selamat kepada para mahasiswa yang sudah melaksanakan sempro pada hari ini. Beliau berharap yang sudah melaksanakan sempro untuk dapat segera menyelesaikan penelitiannya hingga sidang munaqasyah. Mereka juga berharap agar mahasiswa lain dapat termotivasi dengan terlaksananya agenda ini.

Ayo Semangat! STAIN MADINA Menuju IAIN. (Tim Humas)

Share To :