Berita / Akademik

Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam STAIN Madina Sukses Gelar Seminar Nasional dan MoU Dengan StartFM-Madina Pos

Raja Ritonga, M.Sy (Koord. Humas) - 28 Juni 2022


Panyabungan – 28 Juni 2022. Program Studi KPI sukses melaksanakan Seminar Nasional dengan Tema "Eksistensi Jurnalis dari Masa ke Masa". Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Ketua STAIN Madina, Dr. H. Sumper Mulia Harahap, M.Ag., dan digelar di Ruang Serba Guna STAIN Madina (24/06/2022).

Ketika membuka acara Dr. H. Sumper Mulia Harahap, menjelaskan bahwa kehadiran pers tentu sebuah kekuatan untuk mengembangkan STAIN Madina.

“kita sangat berterimakasih kepada seluruh insan pers yang turut mengembangkan STAIN Madina, kita butuh media, karena itu kami sangat berharap dukungan dan kerjasamanya” papar beliau

Ketua Panitia, Dr. Marlina, MA., sekaligus Ketua Prodi KPI menyampaikan bahwa kegiatan yang digelar merupakan bagian dari upaya Prodi untuk mewadahi mahasiswa KPI agar mulai melek ke dunia jurnalis.

“ini upaya kita untuk memberikan wadah kepada seluruh mahasiswa khususnya di Prodi KPI agar semakin dekat dengan dunia jurnalis” papar beliau

Lebih lanjut, Marlina menyampaikan bahwa narasumber yang diundang merupakan perpaduan antara akademisi dan praktisi atau aktivis jurnalis.

Narasumber yang dihadirkan yaitu, Dr. Juni Wati Sri Riski S.sos, MA., Ketua DWP STAIN Madina dan peneliti komunikasi, Muhammad Ridwan Lubis, Ketua PWI Mandailing Natal, Hanapi Lubis, Pimpinan Redaksi Madina Pos, dan Saparuddin Siregar, Pimpinan Redaksi StartFM.

Narasumber pertama Dr. Juni Wati Sri Riski S.sos, MA., memberikan materi tentang history jurnalistik. Sedangkan ketiga pimpinan media, Muhammad Ridwan Lubis, Hanapi Lubis, Saparuddin Siregar menjelaskan bagaimana praktik sesungguhnya dilapangan. Mereka menjelaskan secara detail terkait tantangan dan peluang dalam dunia jurnalis.

Pada akhir kegiatan, Prodi KPI STAIN Madina melakukan penandatanganan Kerjasama MoU dengan StartFM dan Madina Pos. Setelah adanya kerjasama ini masing-masing unit berkomitmen untuk saling memberikan dukungan dan penguatan untuk kedepannya.

Pada kesempatan itu, Khoirudin Faslah Siregar, Owner StartFM memberikan dukungannya untuk pengembangan kreativitas mahasiswa STAIN Madina.

“StartFM siap memberikan ruang dan fasilitas kepada mahasiswa STAIN Madina untuk tempat menampung ide dan gagasan serta konten kreatif khususnya mahasiswa KPI namun tetap pada aturan kode etik jurnalis” kata beliau

Semoga dengan kerjasama yang telah dirajut akan memberikan energi baru bagi mahasiswa STAIN Madina khusus Prodi KPI untuk mengembangkan bakatnya di bidang dunia jurnalis.

Ayo Semngat! STAIN Madina Menuju IAIN. (Tim Humas)

Share To :