Berita / Kampus

STAIN Mandailing Natal Terima 282 Mahasiswa Baru Melalui Jalur SPAN- UM PTKIN

- 11 April 2020


Jumat, 10 April 2020. STAIN Mandailing Natal baru saja menetapkan hasil seleksi SPAN UM-PTKIN. Sebanyak 282 calon mahasiswa baru  hasil seleksi SPAN-UM PTKIN diterima di STAIN Mandailing Natal. Penetapan hasil seleksi tersebut berdasarkan hasil rapat pimpinan STAIN Madina dan Panitia Penerimaan Mahasiswa baru jalur SPAN-UM PTKIN, serta  keputusan Ketua Umum SPAN- UM PTKIN  Nomor B-052/SPAN –UM/IV/2020 tanggal 10 April 2020 tentang Penetapan Hasil Seleksi Prestasi akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam  Negeri. 

Calon mahasiswa terpilih yang berjumlah  282 orang tersebut dinyatakan lulus di 15 program studi  yang ada di STAIN Mandailing Natal. Program studi (prodi) dengan peminat terbanyak adalah Prodi PAI sebanyak 38 orang, Manajemen Bisnis Syariah sebanyak 34 orang, dan  Ekonomi Syariah sebanyak 30 orang. Selanjutnya, yang dinyatakan lulus di Prodi Hukum Ekonomi Syariah sebanyak 27 orang, Prodi Perbankan Syariah 26 orang,  Prodi PIAUD 24 orang, Prodi Manajemen Pendidikan Islam 21 orang, Prodi Hukum Keluarga Islam 19 orang, Prodi Manajemen Dakwah 12 orang, Prodi Komunikasi Penyiaran Islam 11 orang, Prodi Bahasa dan Sastra Arab 10 orang, Prodi Tadris Bahasa Inggris 9 orang, Prodi Pendidikan Bahasa Arab 9 orang, Prodi Ilmu Hadis 6 orang, dan Prodi Ilmu Al-Quran dan Tafsir 6 orang.

Seluruh calon mahasiswa baru yang telah dinyatakan lulus tersebut masih harus mengikuti prosedur lanjutan yaitu mengirim berkas online yang disyaratkan panitia,  mulai tanggal 11 s.d 20 April pukul 24.00  Wib, melalui email pmb [email protected].  Besaran biaya pendidikan sesuai UKT akan diumumkan pada tanggal 23 April 2020, dan pembayarannya dilakukan pada tanggal 24 April s.d 04 Mei 2020.  Panitia menegaskan, peserta yang tidak memenuhi ketentuan tersebut akan dianggap  mengundurkan diri.

Tahap selanjutnya, setelah Peserta dinyatakan diterima di STAIN Madina, calon mahasiswa baru tersebut wajib melakukan daftar ulang dengan  menyerahkan kelengkapan dokumen persyaratan daftar ulang ke STAIN Mandailing Natal pada tanggal 24 Juni 2020 pukul 06.30 s.d 15 Wib. Pendaftaran ulang ini tidak boleh diwakilkan kepada orang lain.

Tahun akademik 2020/2021 ini, menjadi tahun pertama bagi 13 prodi baru yang ada di STAIN Madina menerima mahasiswa melalui jalur SPAN –UM PTKIN. Sedangkan bagi Prodi HES dan PAI sudah mulai menerima mahasiswa baru melalui jalur SPAN UM-PTKIN  di tahun 2019 lalu.  

Ketua STAIN Mandailing Natal, Dr. Torkis Lubis, D.E.S.S mengungkapkan kegembiraannya atas suksesnya pelaksanaan SPAN UM-PTKIN 2020/2021, khususnya di STAIN Mandailing Natal. Beliau berharap kepada seluruh calon mahasiswa baru yang telah dinyatakan lulus agar dapat  mengikuti dan menjalankan seluruh prosedur pendaftaran yang telah disyaratkan oleh panitia SPAN UM-PTKIN STAIN Mandailing Natal.

Beliau berkata “ Walaupun ada sedikit halangan di tengah wabah covid 19 ini,  kita berharap calon mahasiswa yang telah lulus SPAN-UM PTKIN ini selalu diberikan kemudahan dan ilmu pengetahuan yang berkah. Kita yakin para calon mahasiswa baru ini adalah generasi yang berkualitas karena sudah lulus melalui jalur prestasi akademik. Semoga nanti STAIN Mandailing Natal mampu mengantarkan mereka menjadi sarjana yang bermanfaat bagi bangsa dan negara. Tuturnya.

Dr. Torkis Lubis, selaku Pimpinan STAIN Madina juga memberikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh Civitas Akademika STAIN Madina, khususnya Panitia penerimaan Mahasiswa Baru jalur SPAN dan panitia sosialisasi PMB STAIN Mandailing Natal. Beliau mengucapkan terima kasih atas segala ikhtiar dan kinerja panitia sehingga semua proses berjalan dengan baik. “Semoga seluruh Upaya kita untuk memajukan STAIN Madina membawa berkah bagi masyarakat Mandailing Natal dan  jumlah mahasiswa untuk alih status menjadi IAIN Madina segera tercapai.” Tutupnya. ( Tim Humas)

Hasil Seleksi SPAN UM-PTKIN STAIN Madina Download

Share To :