Berita / Kampus

STAIN Madina Gandeng BPS Mandailing Natal Gelar Workshop Statistik Dasar dan Aplikasi SPSS Bagi Mahasiswa

JULI AHMAD, M.Pd.I (Koord. Humas) - 16 Maret 2022


Panyabungan – 16 Maret 2022. STAIN Madina sukses mengelar kegiatan Workshop Statistik Dasar dan Aplikasi SPSS. Acara ini menggandeng Badan Pusat Statistik (BPS) Mandailing Natal dan digelar di ruang Serba Guna STAIN Madina (15/03/2022).

Ketika memberikan sambutan, Kepala UPT TIPD STAIN, Madina Ahmad Salman Farid, M.Sos mengatakan bahwa teknik pengelolaan data sangat berkembang pesat, sehingga insan kampus yang menjadi salah satu pengguna data perlu untuk mengupgrade pengetahuan terkait pengelolaan data.

“Jadi meyakini bahwa pengambilan data yang valid serta pemberdayaan teknologi di bidang statistik adalah langkah awal menghasilkan penelitian yang berkualitas. Karena itu, kegiatan workshop ini kita gelar untuk mempertajam kredibilitas mahasiswa terkait mengobservasi data yang akan dijadikan objek penelitian". Jelas Farid

Narasumber dalam kegiatan ini menghadirkan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Mandailing Natal, Drs. Rinaldi M.Si dan Nur Ajijah Harahap.

Di dalam materinya, Rinaldi mengatakan bahwa proses pengambilan data, mulai dari pengelompokan area yang akan di data, pemusatan pada sampling yang akan di data, memilah serta evaluasi kemudian dilanjutkan dengan finishing, itu merupakan proses yang panjang dan memerlukan ketelitian yang sangat tinggi.

“Proses tersebut tidaklah mudah, kami berupaya menyajikan data sesuai dengan kondisi dilapangan, sekalipun terjadi kesimpang siuran karena adanya pendataan yang dilakukan oleh instansi lain yang berpotensi menimbulkan perbedaan dalam data ditengah masyarakat” ungkapnya

Lebih lanjut, Nur Ajijah memberikan pengetahuan dalam mengakses data BPS melalui situs resmi dan mengoperasikan aplikasi SPSS. Hal ini diharapkan dapat memudahkan para mahasiswa mengakses data terkait dengan tugas kuliah, karya ilmiah, maupun penelitiannya kapanpun dan dimanapun.

Dalam pelaksanaan workshop tersebut, para peserta sangat antusias mengikuti seluruh rangkaian acara. Sejumlah pertanyaan muncul dari peserta dan diskusi berlangsung secara interaktif dengan para narasumber.

Sesuai dengan informasi yang diterima, bahwa pada akhir kegiatan, BPS Kabupaten Mandailing Natal membuat Pojok Statistik yang berpusat di Pustaka STAIN Madina. Pojok Staistik ini dapat diakses setiap hari oleh mahasiswa dan akan mendapat bimbingan langsung dari BPS Kabupaten Mandailing Natal pada jadwal tertentu.

Ketua STAIN Madina, Dr. H. Torkis Lubis, D.E.S.S., memberikan apresiasinya kepada BPS Mandailing Natal dan UPT TIPD STAIN Madina atas terselenggaranya kegiatan Workshop Statistik Dasar dan Aplikasi SPSS. Beliau juga mengucapkan terimakasihnya kepada unsur panitia dan seluruh mahasiswa yang menjadi peserta.

Sebagai informasi, bahwa kegiatan ini dihadiri oleh seluruh pegawai UPT TIPD serta puluhan mahasiswa dari berbagai Program Studi yang ada di STAIN Madina.

Ayo Semangat! STAIN Madina Menuju IAIN (ri/nafza)-(TIM Humas)

Share To :