Berita / Kampus

Studi Banding Ke PTIPD UIN SUKA Yogyakarta, TIPD STAIN Mandailing Natal Wacanakan Program Magang Bagi Siswa SMK

Raja Ritonga, M.Sy (Koord. Humas) - 02 Desember 2022


Panyabungan - 2 Desember 2022. STAIN Mandailing Natal berkesempatan mengunjungi UIN Sunan Kalijaga (SUKA) Yogyajarta. Kunjungan tersebut bertujuan untuk Studi Banding dan silaturahmi agar saling mengenal antar kedua kampus. 

Dalam kesempatan kali ini Kepala UPT TIPD STAIN Madina, Mukhtar Halim, S.Kom, yang didampingi oleh staf TIPD STAIN Madina, Nugraha Andri Afriza, M.Ag, datang ke kantor PTIPD UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta secara langsung. Kunjungan kerja tersebut berlangsung pada 28-30 November 2022.

Ir. Muhammad Taufiq Nuruzzaman, S.T. M.Eng., Ph.D, sebagai kepala PTIPD UIN Sunan Kalijaga yang menyambut langsung kedua utusan STAIN Madina tersebut di ruang kantornya. Setelah obrolan singkat dan sambutan selamat datang, kegiatan kemudian dilanjutkan dengan berkeliling di seputaran ranah kerja PTIPD UIN SUKA. Kepala PTIPD UIN SUKA, Ir. Muhammad Taufiq Nuruzzaman, S.T. M.Eng., Ph.D, memperkenalkan beberapa staf PTIPD UIN SUKA dan pembagian tugas kerja yang mereka lakukan, termasuk di dalamnya sistem dan kegiatan yang menjadi ranah pengelolaan data di lingkungan kampus UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Beberapa ruangan, control room, server room,  sistem pengelolalaan data di PDDIKTI dan device pendukung kinerja juga tak luput dari bahan pembahasan untuk diperkenalkan sebagai masukan baru bagi UPT TIPD STAIN Madina.

​​

Berbagai macam inovasi dan sistem yang diterapkan oleh PTIPD UIN SUKA, beberapa menarik perhatian dan relevan untuk diadopsi di TIPD STAIN Madina. Salah satunya adalah program magang bagi siswa SMK dengan jurusan spesifik seperti Teknik Komputer Jaringan (TKJ) dan Administrasi Perkantoran (AP). Program tersebut telah lama dilakukan di UIN Sunan Kalijaga sebagai bentuk penanggulangan atas minimnya Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki oleh unit kerja.

Adopsi program magang ini sangat relevan dengan kondisi UPT TIPD STAIN Madina yang masih sangat minim SDM. Program magang yang biasanya dilakukan selama 3 bulan, akan berdampak baik terhadap kinerja dan kerjasama antar lembaga. Untuk teknis dan sistem magang yang diwacanakan ini, selanjutnya pihak TIPD STAIN Madina akan berkoordinasi dengan unsur pimpinan di STAIN Madina.

Harapan program magang ini, selain dapat menutupi kekurangan staf dan SDM, juga sebagai bentuk kerjasama antara lembaga dan langkah nyata yang dilakukan oleh UPT TIPD STAIN Madina terhadap pendidikan menengah khususnya kejuruan sebagai tempat belajar praktek keilmuan.

Ayo Semangat! STAIN Madina Menuju IAIN. (Tim Humas)

Share To :