Berita / Kampus

Tingkatkan Mutu Pembelajaran, Prodi MBS Gelar Workshop Bedah Kurikulum

JULI AHMAD, M.Pd.I (Koord. Humas) - 10 September 2023


Panyabungan – Minggu, 10 September 2023. Untuk meningkatkan program pembelajarannya, Prodi Manajemen Bisnis Syariah (MBS) Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal (STAIN Madina) adakan Workshop Bedah Kurikulum. Bersama Dr. H. Rizal, M.Ag, CRP sebagai Narasumber yang juga merupakan Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Mahmud Yunus Batusangkar, acara tersebut digelar di Gedung Serbaguna STAIN Madina, Sabtu (9/9). 

Mewakili Ketua STAIN Madina, acara dibuka oleh Wakil Ketua Bidang Akademik dan Kelembagaan, H. Dedisyah Putra, M.A., Ph.D. Dalam sambutan pembukanya beliau sangat mengapresiasi inisiastif yang dilakukan Prodi MBS dalam peningkatan mutu pembelajaran mahasiswa. Beliau mengatakan workshop kali ini dapat menjadi landasan bagi mahasiswa dan dosen dalam menciptakan suasana belajar yang kondusif dengan mengacu pada kurikulum mutakhir. Beliau juga mengapresiasi upaya Prodi MBS dengan menghadirkan narasumber yang tepat melihat prestasi beliau di bidang akademis dan manajemen pendidikan di perguruan tinggi.

"mari kita manfaatkan moment ini untuk menggali lebih dalam dan mengambil setiap pelajaran berharga yang disampaikan oleh pemateri kita” ucap Dr. Dedi.

Beliau berharap agenda ini dapat mengoptimalkan manajemen Prodi untuk kedepannya menjadi penguatan akreditasi yang lebih baik lagi.

Andy Hakim, M.M. selaku Ketua Prodi MBS STAIN Madina mengungkapkan materi yang diusung dalam kegiatan ini adalah penyusunan kurikulum mengacu kepada RIP ,RENSTRA dan MBKM ( MERDEKA BELAJAR KURIKULUM MERDEKA). Beliau menjelaskan bahwa tentu tidak mudah dalam penyusunan kurikulum yang tepat dan sesuai dengan perubahan yang diamanatkan oleh pemerintah. Butuh berbagai referensi dan muatan materi yang sesuai serta tenaga dan pemikiran ekstra demi mewujudkan pola pembelajaran yang efektif. Untuk itu, beliau berharap kegiatan ini dapat menjadi starting point untuk mengembangkan kurikulum di Prodi MBS. 

Selanjutnya, beliau mengucapkan terima kasih kepada Pimpinan STAIN Madina yang senantiasa mendukung suksesnya acara ini, serta para panitia dan terkhusus kepada Dr. Rizal selaku Narasumber yang telah menyediakan waktu berbagi ilmunya. 

Sebagai informasi, acara ini dihadiri oleh seluruh dosen dan mahasiswa Prodi MBS. Di akhir acara, juga diadakan temu ramah Narasumber bersama Keluarga Besar Prodi MBS.

Ayo Semangat! STAIN Madina Menuju IAIN. (Tim Humas)

Share To :