Berita / Akademik

Asesmen Lapangan Prodi PGMI STAIN Madina oleh Tim Asesor LAMDIK

JULI AHMAD, M.Pd.I (Koord. Humas) - 08 Februari 2023


PANYABUNGAN - Pelaksanaan Asesmen Lapangan Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Mandailing Natal (Madina) oleh Tim Asesor dari Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK).

Kegiatan asesmen ini dilakukan oleh dua orang asesor LAMDIK yakni Dr. Suwardi, M.Pd dan Dr. Ramdhan Witarsa, M.Pd, dan disambut langsung oleh Ketua STAIN Madina Dr. H. Sumper Mulia Harahap, M.Ag, didampingi oleh para Waka, para Kepala Unit Pelaksana Teknis, para Ketua Prodi, Sekretaris Prodi, dan seluruh Stakeholder serta mahasiswa Prodi PGMI yang bersangkutan.

Pada kesempatan itu, disampaikan Ketua STAIN Madina Sumper Mulia Harahap, dirinya bersama pejabat STAIN Madina menyambut baik kedatangan kedua tim asesor dari LAMDIK.

"Alhamdulillah pada hari ini kita menyambut baik kedatangan kedua asesor yang akan mendampingi kita yang akan melihat bagaimana kinerja kita selama ini. Tentu kita menginginkan masukan-masukan untuk bagaimana idealnya pelaksanaan Program Studi PGMI STAIN Madina kita," sampainya.

Dikatakan Sumper Mulia kepada asesor bahwa, inilah kampus kebanggaan Mandailing Natal. Tentunya STAIN Madina akan serius dan berkomitmen untuk terus menyelenggarakan dan mempersembahkan pendidikan yang terbaik untuk masyarakat Madina dan sekitarnya.

"Tentunya, ini akan menjadi barometer untuk kita sekalian bapak ibu dosen, dari tahun 2020 hingga tahun 2022 belum ada kesempatan untuk bertemu dengan tim asesor kita," katanya dihadapan asesor serta stakeholder yang hadir.

Harapannya, semoga pelaksanaan asesmen ini dapat berjalan dengan lancar dan kita semua mendapatkan ilmu maupun pencerahan dari asesor kita serta hasil yang terbaik.

Sementara itu, selaku asesor Dr. Suwardi menyampaikan bahwa, dirinya mendapatkan amanah dan dipercaya oleh LAMDIK untuk visitasi lapangan dalam rangka akreditasi Prodi PGMI STAIN Madina

"Yang membanggakan bagi saya pribadi ada dua. Pertama karena tugas kelembagaan sebagai asesor. Kedua bersilaturrahim dengan bapak ibu dosen serta mahasiswa sebagai pejuang-pejuang yang luar biasa ini," sampainya. 

Menurutnya berdasarkan sejarah kelembagaan berdirinya pada tahun 2018 lalu. Harapannya tidak akan lama lagi akan menjadi lembaga yang luar biasa. 

"Tentunya ini tidak terlepas dari perjuangan ketua dan seluruh para dosennya. Insha Allah, dengan menyajikan seluruh data yang terbaik itu adalah keberhasilan bapak ibu. Untuk hasilnya kita serahkan kepada Allah SWT," imbuhnya. 

Untuk diketahui, Kegiatan asesmen berlangsung dari hari Selasa dan diagendakan hingga Jum'at, 07 - 10 Maret 2023 mendatang. Kegiatan ini merupakan salah satu tahapan proses akreditasi melalui Asesmen Lapangan. 

Penilaian akuntabilitas terhadap mutu program studi atau perguruan tinggi dengan tujuan memverifikasi, memvalidasi, melengkapi data dan informasi yang disajikan dalam borang dan melakukan evaluasi lapangan pada program studi yang bersangkutan.

Kali ini dilakukan oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK) secara luring di STAIN Madina dalam rangka reakreditasi Program Studi Program Studi PGMI STAIN Madina.(nfe).

Ayo semangat ! STAIN Madina menuju IAIN.

Share To :