Berita / Kemahasiswaan

Bawakan Tarian Khas Mandailing Natal, Kontingen STAIN Madina Tampil Memukau Pada Pentas Seni PWN XVI PTK Gorontalo

JULI AHMAD, M.Pd.I (Koord. Humas) - 24 Mei 2023


Gorontalo - Rabu, 24 Mei 2023. Kontingen STAIN Madina ikut menyemarakkan malam kedua Pentas Seni PWN XVI PTK 2023 di IAIN Sultan Amai Gorontalo dengan urutan tampil kelima dengan tarian medley Mandailing Natal. 

Hasil kreasi mandiri ditampilkan dengan susunan tiga pasangan dari enam peserta yakni Annisa Miftahul Hasanah dengan Ade Risky Batubara, Siti Hajar Siregar dengan Abdul Ba'is Nasution serta Shafiyyah Wahiddin dengan Ahmad Zulpadly. 

Alunan Gordang Sambilan yang menjadi ikon MADINA mengawali irama musik yang dilanjutkan dengan Kijom Ale Kijom, Endeng-Endeng, Keta-Keta Manortor. 

Kak Nurhamidah Pulungan, M.TH selaku Kagudep Putri Pangkalan STAIN Madina sekaligus pembina kontingen PWN XVI PTK 2023 di IAIN Sultan Amai Gorontalo mengatakan tarian ini dipilih karena memiliki filosofis yang dalam.

"Tarian Medley dipilih karena Kijom Ale Kijom mengisyaratkan perjuangan nenek moyang suku Mandailing ketika melawan musuh. Endeng-Endeng menggambarkan kegembiraan." Sebut beliau.

"Keta-Keta Manortor mengajak masyarakat untuk mengunjungi MADINA agar lebih mengenali ragam budayanya yang menarik." Sambungnya.

Hal serupa juga disampaikan oleh Kak Parulian Siregar, M.Pd.I Kagudep Putra Pangkalan STAIN Madina yang juga Pembina para kontingan STAIN Madina. Ia menuturkan tarian ini sebagai simbol perjuangan masyarakat Mandailing Natal dalam memperjuangkan kedaulatan Rakyat sembari mengajak masyarakat Indonesia khususnya peserta PWN untuk berkunjung ke Negeri Gordang Sambilan.

Dr. H. Sumper Mulia Harahap, M.Ag bangga atas penampilan apik para kontingen STAIN Madina. Beliau sangat mengapresiasi atas pemilihan dan usaha dari para peserta STAIN Madina sehingga sukses membawakan tarian tersebut. 

"Kita patut berbangga dan bersyukur karena tarian Mandailing Natal dilihat oleh ribuan penonton dari berbagai daerah di Indonesia. Apresiasi penuh atas usaha para peserta kita yang sukses membawakan tarian tersebut, Bravo Adek-Adek!" ucap Kak Sumper yang juga merupakan Kamabigus Gerakan Pramuka STAIN Madina.

Ayo Semangat! STAIN Madina Menuju IAIN. (Tim Humas)

Share To :