Berita / Prestasi

Congratulation! Dr. Rohman, M.Pd, Dosen STAIN Madina Yang Raih Gelar Doktor Dengan Predikat Cumlaude

JULI AHMAD, M.Pd.I (Koord. Humas) - 23 Maret 2024


Panyabungan – 23 Maret 2024. STAIN Mandailing Natal mendapat limpahan berkah di bulan Ramadhan tahun ini, pasalnya salah seorang Dosen STAIN Madina yaitu Dr. Rohman, M.Pd. baru saja meraih gelar Doktornya. Bukan hanya itu, Dr. Rohman juga berhasil lulus dalam waktu 2,5 tahun dengan IPK 3,77 dan memperoleh predikat Cumlaude. Pencapaian itu diraihnya setelah mengikuti Ujian Akhir Promosi Doktor di PPs Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang pada Jum’at, (22/03/2024) dan tercatat sebagai Doktor ke 345 di Universitas yang terletak di Kota Padang tersebut.

Dr. Rohman yang saat ini berhombase di Prodi PAI tersebut juga merupakan Ketua Rumah Moderasi Bergama (RMB) STAIN Madina. Beliau mengambil doktor bidang Pendidikan Islam. Disertasinya berjudul “Pendidikan Karakter Melalui Budaya Dalian Na Tolu Berbasis Islam di Mandailing Natal”. Penyelarasan nilai-nilai budaya dalian na tolu dengan nilai-nilai pendidikan Islam merupakan novelty penting dalam disertasinya. Reformulasi karakter budaya Islami menjadi kontribusi yang ditawarkan beliau untuk proses pembelajaran di masyarakat dan lembaga pendidikan formal.

Beliau memaparkan disertasinya itu pada Ujian Terbuka di hadapan tujuh orang penguji, yang terdiri dari :

1. Prof. Dr. Firdaus, M.Ag (Ketua)

2. Drs. Sarwan, M.A., Ph.D (Sekretaris)

3. Prof. Dr. Saiful Akhyar Lubis, M.A

4. Prof. Dr. Eka Putra Wirman, Lc., M.A

5. Dr. Muhammad Kosim, M.A

6. Prof. Duski Samad, M.Ag (Promotor)

7. Dr. Muhammad Zalnur, M.Ag (Co-promotor).

Banyak ucapan selamat yang disampaikan kepada Dr. Rohman atas pencapaiannya tersebut. Salah satunya datang dari Ketua STAIN Madina, Prof. Dr. H. Sumper Mulia Harahap, M.Ag. Beliau bersyukur atas apa yang telah diraih oleh Dr. Rohman dan berharap ilmu dan gelar yang didapatkan membawa keberkahan untuknya dan juga STAIN Madina.

“Alhamdulillah. Congratulation Dr. Rohman, semoga ilmunya berkah dan membawa peningkatan dalam khazanah keilmuan serta bermanfaat bagi Masyarakat khususnya di dunia akademisi.” tutur Prof. Sumper.

Ayo Semangat! STAIN MADINA Menuju IAIN. (Tim Humas)

Share To :