Berita / Prestasi

Ketua STAIN Mandailing Natal Raih Gelar Guru Besar Bidang Ilmu Pemikiran Islam

JULI AHMAD, M.Pd.I (Koord. Humas) - 21 September 2023


Jakarta - Kamis, 21 September 2023. Ketua STAIN Mandailing Natal Prof. Dr. Sumper Mulia Harahap, M.Ag resmi meraih jabatan akademik tertinggi sebagai guru besar di bidang pemikiran Islam. Melalui SK Menteri Agama RI No 082948/B.II/3/2023, tertanggal 14 Agustus 2023, alumni Universitas Al Azhar Kairo Mesir itu resmi menyandang gelar profesor. 

Prof. Sumper Mulia mengatakan dirinya bersyukur atas capaian yang diraih melalui jabatan fungsional guru besar di bidang pemikiran Islam. “Puji syukur, SK jabatan fungsional guru besar resmi telah terbit. Capaian ini saya persembahkan untuk sivitas akademika STAIN Mandailing Natal,” ujar Prof. Sumper di sela-sela penyerahan SK guru besar di Kantor Kemenag RI, Jakarta, Kamis (21/9/2023).

Kajian pemikiran Islam telah identik dengan Prof. Sumper. Hal ini dimulai saat dirinya menjadi santri PP Darussalam Gontor, Ponorogo, Jawa Timur yang dilanjutkan studi di Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir. Selanjutnya, menyelesaikan Studi Magister di IAIN Suska Pekanbaru tahun 2001, kemudian lanjut Studi S-3 Program Doktor di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan selesai tahun 2009.

Prof. Sumper menulis banyak karya ilmiah di bidang kajian pemikiran Islam di antaranya “Tracing the Dynamic Spectrum of Religious Moderation in the Local Custom of North Sumatera”, The Phenomenon of Hajj Departure Cancellation Among Mandailing Natal Society Amodist COVID-19 Pandemic: Between Allah’s Call and Hummanity’s Call”, “Islam dan Budaya Lokal Studi terhadap Pemahaman, Keyakinan, dan Praktik Keberagamaan Masyarakat Batak Angkola di Padangsidimpuan Perspektif Antropologi”, dan lain-lain. 

Prof. Sumper yang sekarang berusia 51 tahun ini mengatakan akan terus berkarya memberi sumbangsih dalam pemikiran Islam di Indonesia. Menurut beliau, kajian pemikiran Islam di Indonesia cukup dinamis dan memberi kontribusi penting bagi kemajuan Islam di Indonesia. “Kajian pemikrian Islam turut memberi kontribusi bagi kemajuan Islam di Indonesia,” tandas Prof. Sumper.

Ayo Semangat! STAIN MADINA Menuju IAIN. (Tim Humas)

Share To :