Berita / Prestasi

Kontingen STAIN Madina Torehkan Berbagai Prestasi di Ajang PKM III PTI se-Asia Tenggara di UIN Jambi, Berikut Rinciannya

JULI AHMAD, M.Pd.I (Koord. Humas) - 01 Agustus 2023


Panyabungan - Selasa, 01 Agustus 2023. Kontingen Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal (STAIN Madina) berhasil menorehkan berbagai prestasi di ajang Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) III PTKIN Se-Sumatera dan PTI Se-Asia Tenggara di UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, 24-29 Juli 2023.

3 medali dengan rincian 1 medali emas dan 2 medali perunggu serta Juara Harapan 1 dan 3 dalam lima cabang berbeda diraih oleh para kontingen STAIN Madina.

Medali emas diperoleh dari cabang lomba Pildama Putri yang disematkan oleh Putri Romadonia Sebayang, Mahasiswi Prodi Manajemen Dakwah (MD) Semester 6 yang dilatih oleh Rita Gamasari, M.A.

Kemudian dua medali perunggu, pertama dari cabang lomba Story Telling yang dibawakan oleh Winda Putri Ardina, Mahasiswi Prodi Tadris Bahasa Inggris Semester Akhir bersama pelatihnya Ayu Meita Puteri Siregar, M.Pd. Kemudian dari cabang lomba Musabaqah Syarhil Qur’an (MSQ) diraih oleh tim MSQ STAIN Madina yang terdiri dari Dandy Setyawan (Mahsiswa Prodi PBA Sem. 2), Dedi Irwan Saujana Daulay (Mahasiswa Prodi PAI Sem. 6) dan M. Ihsan Ibrahim (Mahsiswa Prodi PAI Sem. 4) bersama tim pelatih MSQ.

Untuk Juara Harapan 1 diperoleh melalui Cabang Business Plan yang beranggotakan Hasnul Habib Rangkuti, Ismail Marzuki dan Arpiah Nur Lubis, semuanya berasal dari Prodi MBS dan dilatih langsung oleh Ketua Prodi MBS Andi Hakim, M.M. Selanjutnya Juara Harapan 3 diperoleh melalui cabang lomba Puitisasi Al-Qur’an diraih oleh Winda Meliana Hasibuan (Mahasiswi Prodi MD) yang juga dilatih langsung oleh Ketua Prodi MD Siti Rahma Harahap, M.A.

Pelaksanaan PKM III PTKIN Se-Sumatera dan PTI Se-Asia Tenggara yang berlangsung di UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi telah berakhir dan ditutup secara resmi oleh Kasi Kemahasiswaan DIKTIS Kementerian Agama RI Amiruddin Kuba, Sabtu (29/7/2023) malam.

Amiruddin Kuba dalam sambutannya mengatakan bahwa PTKI di bidang kemahasiswaan memiliki berbagai event yang diperlombakan dalam skala lokal maupun nasional, seperti OASE yang belum lama ini diadakan di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

"Kami sangat mengapresiasi pelaksanaan PKM III yang diselenggarakan di UIN Jambi karena ini pertama kalinya kegiatan level regional namun berhasil mengundang PTI se-Asia Tenggara sehingga atmosfer even ini seperti even internasional," ujar Amiruddin Kuba di Auditorium Chatib Quzwain, Sabtu (29/7) malam.

Amiruddin Mewakili Dirjen Pendis Kemenag RI, mengucapkan selamat kepada para pemenang.

"Selamat atas keberhasilan UIN Jambi menjadi tuan rumah pada penyelenggaraan PKM III dan saya menantang UIN Jambi untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan PESONA pada tahun depan," ungkapnya.

Ketua STAIN Mandailing Natal, Dr. Sumper Mulia Harahap, M.Ag, seraya berucap syukur atas karunia Allah SWT juga menyampaikan apresiasinya atas prestasi yang digapai oleh para kontingen STAIN Madina. Dr. Sumper mengaku bangga dengan semangat juang dari seluruh kontingen, pelatih dan official. Menurut beliau ini adalah kolaborasi yang patut diapresiasi.

"Alhamdulillah, kita patut bersyukur atas katunia Allah yang luar biasa kepada kita. Ini sangat menyentuh melihat semangat dari para kontingen yang ikut bertanding serta dorongan serta motivasi dari berbagai pihak. Terimakasih kepada segenap unsur pimpinan, Pelatih, Official dan segenap keluarga besar STAIN Madina yang ikut memberikan support terbesarnya bagi peserta kita." ujarnya.

Selanjutnya, Dr. Sumper berharap prestasi yang didapatkan oleh para kontingen serta pengalaman yang sangat berharga yang mereka dapatkan selama mengikuti kegiatan PKM III di UIN STS Jambi dapat mendorong mereka dan mahasiswa lainnya untuk meningkatkan potensi diri masing-masing.

"Kita semua berharap, prestasi dan pengalaman yang didapat selama kegiatan ini berlangsung dapat menjadi motivasi bagi pengembangan diri para peserta dan mahasiswa lainnya untuk terus berprestasi," ungkap Dr. Sumper.

Sebagai informasi, Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) III Se-Sumatera dan Se-Asia Tenggara tahun 2023, UIN STS Jambi berhasil meraih peringkat pertama sekaligus menjadi juara umum dengan perolehan medali 20 emas, 21 perak dan 8 perunggu. Disusul di peringkat kedua UIN Raden Intan Lampung dengan 9 emas, 14 perak dan 6 perunggu dan di peringkat ketiga diraih oleh UIN Sultan Syarif Qasim Riau dengan 8 emas, 3 perak dan 7 perunggu.

Pada PKM III Se-Sumatera dan PTI Se-Asia Tenggara di UIN STS Jambi, secara keseluruhan STAIN Madina berada di posisi ke-15 dan berhasil meraih 1 medali emas, 2 medali Perunggu dan 2 Juara Harapan dengan rincian sebagai berikut;

Medali Emas

1. Pildama Putri (Putri Romadonia Sebayang)

Medali Perunggu

1. Story Telling (Winda Putri Ardina)

2. Musabaqah Syarhil Qur’an (MSQ) (Dandy Setyawan, Dedi Irwan Saujana Daulay dan M. Ihsan Ibrahim

Juara Harapan

1. Business Plan (Harapan 1) (Hasnul Habib Rangkuti, Ismail Marzuki dan Arpiah Nur Lubis)

2. Piuitisasi Al-Qur’an (Harapan 3) (Winda Meliana Hasibuan)

Ayo Semangat! STAIN Madina Menuju IAIN. (Tim Humas)

Share To :