Berita / Kampus

Kunjungan Prodi Tadris Bahasa Inggris STAIN Mandailing Natal Dalam Program Internationalization Of Mandailing Local Wisdom

JULI AHMAD, M.Pd.I (Koord. Humas) - 15 Desember 2022


Panyabungan – Kamis, 15 Desember 2022. Program Studi Tadris Bahasa Inggris STAIN Mandailing Natal melakukan kunjungan dan silaturahmi ke Dinas Parawisata Kabupaten Mandailing Natal pada hari ini, Kamis (15/12). Kunjungan ini diinisiasi oleh projek mata kuliah English Instructional Technology dibawah dosen Pengampu Sartika Dewi Harahap, M. Hum yang bertujuan mengangkat kearifan lokal Mandailing Natal ke ranah internasional ( Internasionalization of Mandailing Local Wisdom ) melalui media teknologi You Tube berupa deskripsi berbahasa Inggris. Hal ini tentunya sangat berkaitan erat dengan ke parawisataan sehingga membutuhkan support dari Dinas Parawisata.

Ketua Prodi Tadris Bahasa Inggris Resdilla Pratiwi, M. Hum, Sekretaris Prodi Ayu Meita Siregar, M. Pd, dan Dosen Pengampu Mata Kuliah English Instructional Technology Sartika Dewi Harahap, M. Hum ikut serta dalam mendampingi mahasiswa dan mahasiswi Tadris Bahasa Inggris Semester 5 dalam kunjungan ini. Hal ini sekaligus untuk memperkenalkan Potensi mahasiswa/mahasiswi Program Studi Tadris Bahasa Inggris melalui kreativitas dan Bahasa inggrisnya melalui media You Tube dan mengharapkan kritik dan saran dari Dinas Parawisata.

Kunjungan ini mendapat respon positif dari Kepala Dinas Parawisata Kabupaten Mandailing Natal Ahmad Yasir Lubis, SP. Beliau sangat senang dan bangga dengan keberanian mahasiswa dan mahasiswi dalam mengangkat kearifan lokal Mandailing Natal karena saat ini jarang sekali kalangan milenial yang bahkan tidak mengenal keberagaman budaya di negeri nya sendiri.

Pertemuan ini dibuka oleh Kepala Dinas Parawisata dengan Menginformasikan sejarah berdirinya dinas parawisata beserta staff yang ada didalamnya yang terbagi atas unit pemasaran dan ekonomi kereatif beserta projek-projek yang telah dilaksanakan dan yang masih dalam perencanaan. Beliau juga meberi tahu bahwa Aek Milas Hutaraja dan Pantai barat saat ini menjadi fokus pengembangan objek wisata yang dilaksanakan saat ini .kemudian dilanjutkan dengan presentasi oleh mahasiswa/mahasiswi yang menjelaskan hal hal yang akan diangkat dalam channel you tube tersebut yang berupa bahasa, objek wisata, kuliner, sejarah dan budaya. projek ini juga bertujuan untuk menambah referensi budaya Mandailing Natal yang masih sangat sedikit diketahui. Dan yang terakhir menampilkan hasil video yang telah selesai dalam proses editing.

Setelah melihat pemaparan dari mahasiswa/mahasiswa beliau menemukan banyak sekali titik temu dengan mereka dalam segala aspek, karena saat ini dinas parawisata sedang mengupayakan banyak dari tourist berkunjung ke Mandailing Natal dan mereka juga membutuhkan bantuan dari pihak yang ahli dalam Bahasa Inggris. Beliau juga mengharapkan dalam konten video tersebut di isi dengan norma agama yang berlaku dikarenakan Mandailing Natal identic dengan Nilai Budaya Religius yang tinggi dan budaya Mandaioling Natal yang belum terekspos diketui oleh seluruh dunia.

Dikarenakan Kantor dari Dinas parawisata akan dipindahkan ke Bagas Godang Purba Baru dengan projek – projek yang berusaha membuka ruang untuk milenial berkreativitas melalui budaya yang masih dalam persiapan, dan hal tersebut akan diusahakan secepatnya, karena Dinas Parawisata juga ingin bekerja sama secepatnya dengan program studi Bahasa Inggris dan melibatkan mahasiwa/mahasiswinya dalam berkreasi khususnya dalam Media Technology dan pengembangan Bahasa dan Budaya.

Ketua STAIN Mandailing Natal, Dr. H. Sumper Mulia Harahap, M.Ag sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Prodi Tadris Bahasa Inggris ini. Melalui terobosan yang dilakukan tersebut sekiranya menimbulkan efek positif bagi masyarakat Mandailing Natal dalam mengembangkan potensi wisata adat Mandailing. Beliau juga mengapresiasi para mahasiswa yang ikut dalam kegiatan tersebut.

Sebagai informasi, kunjungan ini diakhiri dengan pemberian cendramata Oleh Kepala Dinas Parawisata berupa brosur-brosur promosi keparawisataan yang dikemas dengan Anyaman tas khas mandailing Natal Kepada Dosen dosen Tadris Bahasa Inggris.

Ayo Semangat! STAIN MADINA Menuju IAIN. (Tim Humas)

 

Share To :