Berita / Prestasi

Mahad STAIN Madina Gelar Lomba Qiroatul Kutub Dalam Momentum Hari Santri Nasional Tahun 2022

JULI AHMAD, M.Pd.I (Koord. Humas) - 22 Oktober 2022


Panyabungan – 22 Oktober 2022. Ma’had Al-Jami’ah STAIN Madina menyambut hari santri dengan semangat yang luar biasa. Momentum tersebut diperingati dengan menggelar perlombaan Qiroatul Kutub atau membaca kitab kuning antar mahasantri.

Muasabaqah qiroatul kutub yang dilaksanakan merupakan upaya dalam mengenang sosok ulama dalam menjaga bangsa dan agama dengan kedalaman ilmu mereka dalam mencerdaskan ummat. Tentu salah satunya adalah menguasai kitab kuning.

Hal tersebut disampaikan oleh Mudir Ma’had STAIN Madina, Raja Ritonga, M.Sy., pada pelaksanaan kegiatan lomba membaca kitab kuning antar mahasantri.

“kita patut bangga dengan peringatan ini, mari kita kuatkan santri dengan penguasaan kitab kuning” kata beliau

Dalam pelaksanaannya, para mahasantri diuji kemahiran mereka dalam membaca kitab yang disiapkan oleh Pembina Qirkut Ma’had. Mulai dari membaca, menerjemahkan dan memahami isi kitab yang mereka baca.

Sesuai dengan penjelasan Pembina Qirkut, Elva Mahmudi, M.H., bahwa mahasantri yang mengikuti perlombaan mempunyai basic yang sangat kuat terkait kitab kuning.

“semuanya mempunyai basic yang sangat baik dalam menguasai dasar-dasar kitab kuning, perlombaannya sangat kompetitif, sama-sama kuat” ujar beliau

Untuk diketahui bahwa rangkaian Musabaqah KITABA yang digelar oleh Ma’had sangat mendapat antusias dari mahasantri.

Hal tersebut merupakan dukungan dari semua unsur pimpinan di kampus STAIN Madina, mulai dari peran Ketua-Ketua Prodi yang turut memastikan mahasiswanya ikut mendaftar dalam perlombaan tersebut.

Ketua STAIN Madina, Dr. H. Sumper Mulia Harahap, M.Ag., turut mendorong mahasantri agar tekun dan memanfaatkan waktu yang dimiliki.

“manfaatkan waktu yang singkat ini sebelum muncul penyesalan, fa nadamtul’uqba liman yatakasal

Sebagai informasi, bahwa kegiatan lomba membaca kitab kuning yang digelar dikomandoi oleh Elva Mahmudi, M.H., Fauzul Fil Amri, M.Pd., dan Jannus Tambunan, M.H.I

Ayo Semangat! STAIN Madina Menuju IAIN. (Tim Humas)

Share To :