Berita / Akademik

P3M STAIN Madina Sukses Gelar Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat

- 17 Desember 2020


Panyabungan – Kamis, 17 Desember 2020. STAIN Madina menggelar Konferensi Nasional Pengabdian kepada Masyarakat secara virtual (16/12/2020). Kegiatan ini digawangi oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) STAIN Madina.

Pada kegiatan ini, menghadirkan guru besar Universitas Medan Area sebagai narasumber, yaitu Prof. Dr. H. Ahmad Rafiqi Tantawi, MS., dan Prof. Dr. Duski Samad, M.Ag., guru besar UIN Imam Bonjol.

Ketua STAIN Madina, Dr. H. Torkis Lubis, D.E.S.S., pada waktu memberikan sambutan, beliau menyampaikan bahwa kegiatan yang digagas oleh P3M ini sangat bagus dan perlu untuk dibudayakan.

“kegiatan ini tentu memacu kita untuk banyak menulis dan melakukan penelitian dan pengabdian. Akademisi akan tertantang untuk menyampaikan ide-idenya dalam bentuk artikel dengan adanya wadah seperti ini. Mudah-mudahan kegiatan konferensi ini bisa berkelanjutan dan dibudayakan” papar beliau

Muhammad Irsan Barus, M.A., menyampaikan bahwa dalam kegiatan ini dihadiri ratusan peserta dan puluhan pemakalah dari berbagai daerah dan perguruan tinggi.

“Alhamdulillah banyak peserta non pemakalah yang mengikuti kegiatan konferensinya, sedangkan pemakalah ada sekitar 40 orang dari berbagai daerah dan kampus di tanah air” papar Irsan

Dalam kegiatan ini, narasumber menyampaikan bahwa melaksanakan pengabdian kepada masyarakat adalah kewajiban seorang dosen, karena bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kemudian, seorang dosen tidak terikat bidang keilmuannya dalam hal melakukan pengabdian. Jadi, dosen tidak mesti linearitas untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat.

Kegiatan yang dipandu oleh Resdilla Pratiwi, M.Hum., dan Ahmad Salam Farid, M.Sos ini berjalan dengan sukses dari awal sampai akhir kegiatan.

Menurut keterangan ketua panitia, Akhrif Yahsya, M.Hum., bahwa peserta dan pemakalah sangat antusias, panitia banyak menerima artikel yang dikirim oleh para pemakalah dan siap publish di jurnal dan prosiding.

Ayo Semangat! STAIN Madina menuju IAIN. (TIM Humas)

Share To :