Berita / Akademik

Pemanfaatan Bahasa Mandailing untuk Literasi, UPT Bahasa STAIN Madina Melangsungkan Seminar

JULI AHMAD, M.Pd.I (Koord. Humas) - 05 Desember 2023


Panyabungan- Unit Pelaksana Teknis (UPT) Bahasa Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) Mandailing Natal (MADINA) melangsungkan seminar bahasa mandailing dengan tema Pemanfaatan Bahasa Mandailing untuk Literasi, pada selasa 05 Desember 2023.

Bertempat di Aula serbaguna STAIN Madina yang di hadiri oleh wakil ketua I Dr.H. Dedisyah Putra, M.A wakil ketua III Dr. Irma Suryani Siregar, M.A, Kepala Dinas Pendidikan dan kebudayaan Mandiling Natal yang wakili Kepala Bidang Kebudayaan Miswar Husein S.Pi, M.Si, Kepala UPT Bahasa Titi Martini M.H.I, ketua panitia Rahmi Wahyuni M.Sos. dan para peserta seminar kalangan mahasiswa. 

 

Dalam kesempatan itu, Ketua Panitia Rahmi Wahyuni menyampaikan ucapan terimakasih kepada undangan yang telah bersedia hadir dalam acara ini. " kita berharap keberkahan dari Allah SWT untuk acara ini, dan kami memohon maaf jika masih banyak terdapat kekurangan dalam pelaksanaan acara ini," sampainya.

Dijelaskan rahmi bahwa acara ini di fokuskan untuk seminar Bahasa Mandailing untuk literasi dengan tujuan untuk pengembangan dan pelestarian bahasa dan Budaya Mandailing. 

 

"Karena bahasa itu adalah bahagian dari budaya yang mesti harus kita lestarikan dimana bahasa mandailing ini merupakan bahasa ibu pada Daerah Mandailing Natal," jelasnya. 

 

Sementara itu, Waka I STAIN MADINA, Dedisyah Putra mengatakan di STAIN MADINA telah menjadikan matakuliah Islam dan Budaya sebagai matakuliah dasar dan umum.

"Dimana 20 program studi (Prodi) yang saat ini kami kelola itu seluruhnya wajib untuk mengajarkan mata kuliah Islam dan Budaya Mandailing ini. Maka dengan itu budaya dan bahasa ini harus kita junjung tinggi dan potensi-potensi yang ada di dalamnya harus kita kembangkan melalui seminar ini," tutupnya.

Untuk diketahui, dalam seminar ini mengahadirkan narasumber dari Budayawan Mandailing Natal yakni Askolani Nasution dan Stacholder Dr. M. Daud Batu Bara, M.Si, dan di akhir acara dilakukan penyerahan cindera mata serta berfoto bersama.

Ayo semangat STAIN MADINA menuju IAIN.

Share To :