Berita / Kemahasiswaan

SEMA STAIN Madina Gelar Workshop Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa, Gerakan Mahasiswa sebagai Agent of Change Menjadi Sorotan

JULI AHMAD, M.Pd.I (Koord. Humas) - 29 Maret 2024


Panyabungan - Kamis, 28 Maret 2024. Senat Mahasiswa (SEMA) STAIN Mandailing Natal berhasil menggelar workshop Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa acara digelar di Gedung Serbaguna STAIN Madina pada Kamis, (28/03).

SEMA STAIN Madina menghadirkan Mukhtar Nasution sebagai Narasumber pada workshop tersebut. Dalam penyampaiannya, beliau menegaskan peran penting mahasiswa sebagai agen perubahan, baik sebelum maupun setelah kemerdekaan Republik Indonesia. Dia menggambarkan bagaimana mahasiswa telah menjadi ujung tombak dalam memperjuangkan aspirasi masyarakat, seperti yang terlihat dari sejarah pergerakan mahasiswa sejak dulu hingga era reformasi. Mukhtar juga menyoroti tantangan yang dihadapi oleh mahasiswa dalam memperjuangkan aspirasi, bahkan hingga mengorbankan nyawa, seperti yang terjadi dalam peristiwa Trisakti dan Semanggi.

Peran mahasiswa, menurut Mukhtar, tidak mengalami penurunan meskipun zaman telah memasuki era Revolusi Industri 4.0. Sebaliknya, tantangan semakin meningkat karena perubahan situasi dan kondisi yang terus berlangsung. Dia menekankan pentingnya bagi mahasiswa untuk tidak hanya bisa menyuarakan aspirasi, tetapi juga harus menguasai teknologi dan mengikuti perkembangannya.

Materi dan paper Menapaktilasi Sejarah Panjang Gerakan Mahasiswa sebagai Agent of Change dalam Perspektif Kearsipan menjadi tema diskusi. Terlihat antusiasme mahasiswa dibuktikan dengan dialektika intens.

Mukhtar mendorong mahasiswa untuk menjadi visioner, mahasiswa yang tidak gaptek, dan tetap mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan. Dia menegaskan bahwa hal ini bukanlah pilihan, melainkan sebuah keharusan yang tak dapat ditawar.

Kegiatan ini, yang dipimpin oleh Senat Mahasiswa STAIN Madina di bawah kepemimpinan Ketua Fuadi, dibuka secara resmi oleh Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama, Dr. Irma Suryani Siregar, M.A. Workshop tersebut berakhir dengan penyerahan cendera mata sekitar pukul 17.00 WIB.

Ayo Semangat! STAIN MADINA Menuju IAIN. (Tim Humas)

Share To :