Berita / Kampus

Simulasi Ujian TOAFL Bahasa Arab UPT Pengembangan Bahasa di STAIN Madina

JULI AHMAD, M.Pd.I (Koord. Humas) - 18 Maret 2023


Panyabungan – Sabtu, 18 Maret 2023. Program kegiatan kebahasaan UPT Pengembangan Bahasa  STAIN Mandailing Natal semakin menunjukkan arah yang progresif. Bulan lalu, pada hari Jum'at, (18/02), UPT Bahasa STAIN Madina telah melaksanakan simulasi tes TOEFL untuk bahasa Inggris. Kali ini, tepatnya hari Jum'at (17/03) UPT Pengambangan Bahasa STAIN MAdina kembali menggelar simulasi tes TOAFL untuk bahasa Arab yang berjalan sukses. Tes simulasi ini diikuti oleh 100 orang mahasiswa yang berasal dari 5 Prodi STAIN Madina dan dilaksanakan di Aula Serbaguna STAIN Madina.

Keinginan untuk melaksanakan Program tes TOAFL dan TOEFL ini sudah sejak lama dinantikan. Kepala UPT Pengembangan Bahasa bersama para anggota bekerja sama telah berhasil merealisasikan keinginan tersebut. Simulasi telah dilaksanakan dengan lancar tanpa hambatan yang berarti. 

Bertempat di Aula Serbaguna STAIN Madina, yang dihadiri oleh Wakil Ketua 1 Dr. H Dedisyah Putra, M.A didampingi Waka 3 Dr. Irma Suryani Siregar M.A. kepala UPT dan seluruh Panitia serta para dosen.

Kepala UPT Pengembangan Bahasa Dr. Titi Martini.MH.I mengatakan bahwa simulasi toefl ini diikuti oleh 100 peserta yang berasal dari 5 progrm studi.

"Tujuan dari simulasi yang kita adakan ini merupakan untuk memperkenalkan kepada mahasiswa bagaimana proses toefl itu sendiri," katanya.

Dikatakanya lagi Titi Martini yang sekaligus juga menjadi ketua panitia acara tersebut bahwa agenda ini sudah direncanakan sejak lama. Sekalipun ada planning penundaan karena mengingat sekarang masih pertengahan perkuliahan. Namun semangat yang tinggi para panitia UPT menjadi motivasi terlaksananya kegiatan tersebut. 

"Saya sangat bangga atas kerja keras tim panitia, yang mana mereka yang selalu mensupport hingga inisiatif ini dapat direalisasikan," ujarnya dihadapan tamu undangan

Ditambahkan Dr. Titi mengucapkan berterimakasih kepada Ketua dan segenap unsur pimpinan STAIN Mandailing Natal atas segala bentuk dukungannya baik moril maupun materil.

"Terimakasih kepara semua pihak yang mendukung dalam acara ini. Saya berharap kegiatan ini memberi efek positif bagi lembaga dan mahasiswa, " ucapnya

Sementara itu, Dr. H. Dedisyah Putra, M.A dalam sambutannya sekaligus membuka acara mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kali kedua dilaksanakan di STAIN Madina.

"kita baru 5 tahun secara resmi di negerikan dan baru tahun 2019 mulai menerima mahasiswa dengan status Perguruan Tinggi Negeri. Namun semangat dari tim Pengmbangan Bahasa STAIN Madina sangat perlu untuk kita apresiasi dengan membuat program simulasi ini," katanya.

Kemudian sambungnya, simulasi ini dibuat secara formal dengan pendanaan dan regulasi dari kampus. Tujuannya supaya test ini sekaligus untuk mengukur kemampuan serta menguatkan kapasitas dan kapabilitas bahasa mahasiswa. Hal itu akan menjadi acuan bagi UPT Pengembangan Bahasa STAIN Madina untuk terus menggali potensi program unggulan lainnya.

"Hal ini sangat tepat kita laksanakan mengingat dalam dunia kerja sekarang, untuk melamar kerja juga ditanya mengenai sertifikat bahasa," papar Dr. Dedi sebagai orang nomor 2 di STAIN Madina ini.

Tidak hanya itu, Dr. Dedi jugamengucapkan selamat mengikuti ujian kepada peserta test dan berpesan agar peserta menjadikan simulasi ini sebagai wadah untuk mengukur diri secara jujur.

Ayo Semangat! STAIN MADINA Menuju IAIN. (Tim Humas)

Share To :