Berita / Kampus

Workshop dan Seminar Prodi PIAUD, Kenalkan Permainan Edukatif Berlangsung Sukses

JULI AHMAD, M.Pd.I (Koord. Humas) - 14 Oktober 2022


PANYABUNGAN- Kegiatan Workshop dan Seminar Peduli Anak Usia Dini, Kenali Kesehatan  dan Kenalkan Keamanan Alat Permainan Edukatif Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Mandailing Natal (Madina) berlangsung sukses, pada Kamis 13 Oktober 2022.

Bertempat di Aula Utama STAIN Madina, dibuka oleh Wakil Ketua STAIN Madina Dr. H. Kasman, MA, turut hadir Ketua Dharma Wanita STAIN Madina Ny. JWS Rizki Sumper Mulia, dan Ketua Prodi PIAUD, para Dosen, Guru PIAUD/TK/RA se-Mandailing Natal serta seluruh Mahasiswa PIAUD.

Dalam paparannya, Wakil Ketua STAIN Madina Bidang Administrasi dan Keuangan, DR. H. Kasman mengatakan bahwa, Prodi PIAUD ini mengingatkan dirinya pada tahun 2007 lalu, dimana di Kabupaten Mandailing Natal ada sebanyak 137 kelompok bermain yang sudah dibantu oleh Pemerintah Daerah dan Provinsi.

"Waktu itu, melalui kami Dinas Pendidikan penyalurannya. Tetapi ada sebagian kelompok bermain habis bantuan habis kegiatannya. Ada yang bertahan sampai sekarang bagaikan kapuk hidup di atas karang. Hidup segan mati tak mau," katanya.

Akan tetapi sambung Waket Kasman menyebutkan, ada juga beberapa kelompok yang terus berjuang, sampai sekarang masih berjalan.

"Jadi bapak ibu PIAUD, kebetulan saya dulu pernah memiliki kelompok bermain tahu 2005 yang bernama sayang bunda. Itulah satu-satunya yang ada pada Kabupaten Madina," sebutnya dihadapan tamu undangan seminar.

Selain itu, Lulusan Doktor UIN Sulthan Thaha Saifuddin (STS) Jambi ini juga menyampaikan, kelompok bermain yang didirikannya itu pada tahun 2010 silam, pernah mendapatkan bantuan dan dinobatkan sebagai kelompok bermain percontohan untuk Kabupaten Madina.

"Pada waktu itu siswanya itu sampai 287 orang, dan gurunya waktu itu ada 12 orang. Itulah perjuangannya. Diharapkan semoga Prodi PIAUD ini dapat mempertahankan kegiatan seperti itu untuk generasi kedepannya," sampainya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana kagiatan ini, Annisa Wahyuni mengucapkan terimakasih atas kesediaan para narasumber yang telah berkenan hadir memenuhi undangan Prodi PIAUD.

"Untuk semua pihak yang telah mendukung kegiatan ini, kami mewakili Prodi PIAUD menyampaikan ucapan terimakasih yang tak terhingga, karena acara ini bisa berjalan lancar dan sukses dari awal sampai dengan akhir yang penuh semangat," ucapnya.

Kemudian, dirinya juga menjelaskan bahwa, alat permainan edukatif ini merupakan mempunyai peran penting di dalam pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini.

"Maka untuk itu kami menghadirkan para narasumber ahli dibidang tersebut yakni, dari Dinas Kesehatan dan Ikatan Guru Raudhatul Atfhal (IGRA) serta Dosen PIAUD dari UIN Sumatera Utara," jelasnya.

Kegiatan ini merupakan realisasi kerjasama antara IGRA Sumut dan Madina, yang diikuti oleh sebanyak 130 orang peserta, yang terdiri dari, guru PAUD/TK/RA se-Mandailing Natal dan Mahasiswa Prodi PIAUD STAIN Madina.

"Harapan kami, semoga kegiatan ini dapat bermanfaat dan dapat memaksimalkan simulasi perkembangan serta pertumbuhan anak melalui alat permainan edukatif yang akan disampaikan oleh para narasumber nantinya," imbuh Ketua Panpel Annisa.

Ayo semangat ! STAIN Madina Alih Satus Menuju IAIN.

Share To :