Berita / Prestasi

Baju Adat Mandailing Natal Tampil Memukau di Acara Grand Opening Pesona I PTKN 2022

Raja Ritonga, M.Sy (Koord. Humas) - 10 Agustus 2022


Panyabungan – 10 Agustus 2022. Baju Adat Mandailing Natal tampil memukau di acara Grand Opening Pesona I PTKN 2022. Acara yang di adakan di Kampus II UIN Sunan Gunung Djati ini secara eksklusif menampilkan berbagai baju adat dari berbagai daerah.

Abdullah Sabaruddin Mahasiswa Prodi HES Dan Winda Mahasiswi Prodi TBI STAIN Madina tampak gagah dan anggun dalam balutan busana Adat Mandailing Natal tersebut.

"HORAS!!” Begitu teriakan para kontingen STAIN Madina disaat Perwakilan tersebut berjalan melewati red carpet.

Dengan bangga keduanya mengatakan merasa terhormat dapat memakai Kain Ulos Batak untuk Adat Mandailing dan disaksikan oleh Petinggi dari Kementerian dan Daerah serta perserta dari berbagai daerah di Nusantara.

Selain ulos, penampilan tampak istimewa dengan ampu sebagai penutup kepala laki-laki dan bulang yang bertengger di atas kepala perwakilan wanitanya. Adapun bulang merupakan mahkota berbentuk tanduk bertingkat (tingkatan sesuai dengan hewan semblihan pada resepsi pernikahan) dan biasanya berlapis emas yang biasa dipakai pengantin etnis Mandailing dari Sumatera Utara.

Dr. H. Sumper Mulia Harahap, M.Ag, Ketua STAIN Madina mengatakan turut bahagia melihat pakaian adat Mandailing Natal tampil mempesona di ajang Nasional.

“Kita harus bangga dimana pakaian adat kita tampil ikonik dalam event Nasional ini.” ucap Dr. Sumper Mulia

Ayo Semangat! STAIN Madina Menuju IAIN. (Tim Humas)

Share To :