Berita / Prestasi

Hadiri Pembukaan PKM III PTKIN, Ketua STAIN Madina Dr. H. Sumper Mulia Harahap, M.Ag : Tingkatkan Semangat dan Sportivitas

JULI AHMAD, M.Pd.I (Koord. Humas) - 25 Juli 2023


Jambi - Selasa, 25 Juli 2023. Pergelaran Pekan Kreatifitas Mahasiswa (PKM) III tahun 2023 Se-Sumatera dan Perguruan Tinggi Islam (PTI) Se-Asia Tenggara resmi digelar di UIN Sulthan Thaha Saifuddin, yang dibuka langsung oleh Kasubdit Sarpras dan Kemahasiswaan PTKI Kementerian Agama RI, Zulfan Syarif Supriadi Hasibuan, Senin (24/7/2023).

Zulfan mengapresiasi pelaksanaan PKM III yang dilaksanakan di UIN STS Jambi kali ini. Menurutnya, pelaksanaan kali ini terasa istimewa, karena kegiatan dua tahunan ini turut diikuti oleh perwakilan peserta dari Perguruan Tinggi Islam Asia Tenggara.

“kompetisi ini tidak hanya berskala regional tetapi telah merambah skala internasional," ujar Kasubdit Sarpras dan Kemahasiswaan PTKI Kemenag”

ia juga mengapresiasi, atas kerja keras panitia sehingga perhelatan ini dapat terselenggara. “Selamat berkompetisi bagi para peserta kontingen, selamat menjalankan amanah bagi para dewan hakim, dewan juri, dan wasit. Mari kita jaga integritas moralitas dan sportivitas bertanding. Selamat dan sukses,”tutur Zulpan Syarif.

PKM III kali ini melibatkan 22 PTKIN dari Sumatera dan 9 Perguruan Tinggi Islam dari negara-negara di Asia Tenggara, seperti Malaysia, Thailand, Singapura, Filipina, Kamboja, dan Brunei Darussalam. Ajang lomba ini digelar secara hybrid, baik daring maupun luring, dengan total 33 cabang lomba yang terdiri dari bidang ilmiah, seni, dan olahraga, diikuti oleh 1530 peserta.

Di sisi lain, Ketua STAIN Madina Dr. H. Sumper Mulia Harahap, M.Ag mengatakan bahwa STAIN Madina siap mendukung dan menyukseskan kegiatan PKM III Tahun 2023 yang diselenggarakan dari 24 – 30 Juli 2023.

“mari kita tingkatkan solidaritas dan sportifitas. PKM ke III ini merupakan wujud perhatian kita akan prestasi anak bangsa, kita berharap agenda kali ini memberikan nuansa dan semangat baru bagi STAIN Madina”

Bagi kita tidak ada istilah the winner and the losser, yang ada hanya the winner and the learner. Maka orang pintar adalah pemilik masa lalu, namun orang yang terus belajar adalah pemilik masa depan”ujar Dr. Sumper Mulia.

Sementara itu kontingen STAIN Mandailing Natal yang ikut berkompetisi sebanyak 24 orang dengan 15 Cabang lomba di UIN STS Jambi, 24 – 30 Juli 2023.

Selanjutnya, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama STAIN Madina Dr. Irma Suryani Siregar, M.Ag menambahkan 5 cabang yang akan diikuti oleh Kontingen STAIN Madina merupakan cabang yang sudah melalui tahapan seleksi dan akan melaju ke babak final nanti.

"Kita berharap kegiatan ini dapat menguatkan prestasi dan motivasi bagi mahasiswa STAIN Madina,“ tutup beliau.

Ayo Semangat! STAIN MADINA Menuju IAIN. (Tim Humas)

Share To :