Berita / Kemahasiswaan

Kontingen STAIN Madina Tampil Memukau dengan Pakaian Adat Mandailing Natal dalam Pembukaan PWN PTK ke XVI

JULI AHMAD, M.Pd.I (Koord. Humas) - 22 Mei 2023


Panyabungan - Senin, 22 Mei 2023. Kontingen Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Mandailing Natal (Madina) ikut serta dalam kegiatan Perkemehan Wirakarya Nasional (PWN) Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) di IAIN Sultan Amai Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo pada Senin 22 Mei 2023.

Kegiatan tersebut dihadiri dan dibuka oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Kegiatan yang diikuti 1.200 anggota Gerakan Pramuka dari seluruh Indonesia Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri.

Dalam sambutannya, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas yang bertindak sebagai inspektur upacara menyampaikan PWN ke-16 harus dijadikan momentum untuk meneguhkan diri sebagai sebuah gerakan yang adaptif, inovatif, dan kreatif dalam menyesuaikan dan menghadapi tantangan perubahan zaman. 

Bertajuk “Merawat Keberagaman dan Perdamaian dalam Bingkai Moderasi Beragama.” “Ini sebuah tema yang cukup menantang sekaligus membutuhkan pembuktian segenap insan Pramuka PTKN. Saudara harus bisa adaptif, inovatif, dan kreatif untuk merawat keberagaman dan perdamaian,” pesan Menag.

"Apalagi jika ditarik dalam konteks kepanduan Indonesia yang didasari dengan nilai-nilai spiritualitas berupa kepercayaan kepada Yang Esa. Maka, akan membentuk trilogi relasi, yakni hablu minallah, hablu minannas, dan hablu minal alam," ujar Menag. 

Sementara itu STAIN Madina mengirimkan 6 orang peserta putra dan putri dan 2 orang pembina peserta beserta 3 orang unsur pimpinan. 

Dalam acara pembukaan perwakilan kontingen STAIN Madina mengenakan pakaian Adat Mandailing Natal berupa Bulang yang dipakai peserta putri sedangkan Ampu yang dipakai peserta putra. 

Dengan bangga memperlihatkan pakaian Daerah Kabupaten Mandailing Natal Provinsi Sumatera Utara di Bumi Perkemahan kampus 2 IAIN Sultan Amai Gorontalo. Hingga acara pembukaan selesai. 

Ketua STAIN Mandailing Natal Dr. Sumper Mulia Harahap, M.Ag yang didampingi ketua DWP Ny JWS Rizki Sumper Mulia dan Wakil Ketua Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr. Irma Suryani Siregar, M.A hadir secara langsung dalam acara PWN PTK XVI beserta seluruh kontingen dan pendamping.

"PWN PTK ini adalah agenda dua tahunan Kemenag RI yang dihadiri seluruh PTK se-Indonesia, dengan tujuan untuk membentuk kepribadian pemuda yang beriman, bertaqwa, berakhlakul karimah, berjiwa patriotik, nasionalisme, disiplin, taat hukum, dan menjunjung tinggi nilai – nilai sosial, “sebut Dr. Sumper Mulia

“nantinya akan banyak pelajaran yang berharga yang didapat oleh kontingen STAIN Mandailing Natal terutama bagaimana membangun interaksi dan komunikasi positif dengan berbagai peserta dari seluruh PTK di Indonesia yang memiliki latar belakang adat, budaya dan agamanya,  tentu hal ini sesuai dengan tema yang diangkat kali ini.” terang beliau

Lebih lanjut Dr. Sumper Mulia mengatakan dalam acara pembukaan PWN PTK XVI, Kontingen STAIN Mandailing Natal juga berkesempatan memperkenalkan Budaya Mandailing Natal melalui pawai dengan mengenakan pakaian adat Mandailing Natal.

“oleh karena itu, mari kita dukung penuh kontingen STAIN Mandailing Natal untuk selalu optimal dalam mengikuti rangkain agenda PWN PTK ke-XVI di IAIN Sultan Amai Gorontalo tahun 2023,” tutup Dr. Sumper Mulia.

Ayo Semangat! STAIN MADINA Menuju IAIN. (Tim Humas)

Share To :