Berita / Kampus

Pakaian Adat Warnai Upacara Hari Amal Bakti Kementerian Agama RI ke-77 STAIN Mandailing Natal

JULI AHMAD, M.Pd.I (Koord. Humas) - 03 Januari 2023


Panyabungan - 3 Januari 2023. Berbeda dengan pelaksanaan upacara peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) sebelumnya, Pelaksanaan Upacara Peringatan HAB Kemenag RI ke-77 STAIN Mandailing Natal tahun ini penuh warna. Dilaksanakan di lapangan kampus STAIN Mandailing Natal, Selasa (03/01).

Berdasarkan Surat Edaran Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 42 Tahun 2022, peserta upacara Peringatan HAB Kemenag RI ke-77 mengenakan pakaian Baju Adat Nusantara.

Mengusung tema kerukunan umat untuk Indonesia hebat, bertindak sebagai inspektur upacara Ketua STAIN Mandailing Natal Dr. H. Sumper Mulia Harahap, M.Ag dalam sambutannya membacakan sambutan Pidato Menteri Agama Republik Indonesia.

Beberapa hal menjadi topik utama dalam penyampaian sambutan Kementerian Agama tersebut, diantaranya ASN Kemenag diajak untuk    mengenal,    memahami   dan   meresapi   atau bertanya kembali sudahkah melakukan pengabdian  sebagaimana  khittah  kelahiran Kementerian Agama atau belum? Untuk itu, Menteri Agama RI Gus Men melalui sambutannya mengajak kepada seluruh ASN Kementerian Agama untuk memperbaiki niat pengabdian dan pelayanan kepada umat.

Beliau juga memaparkan bahwa di tahun sebelumnya Kementerian Agama telah melakukan Tranformasi Pelayanan yang  merupakan upaya  meningkatkan  kualitas  dan  mendekatkan layanan kepada masyarakat. Kemudian Lembaga pendidikan binaan Kementerian Agama juga terus berprestasi,  di level nasional dan internasional.

Ini menjadi bukti bahwa Kementerian Agama telah berubah, diakui dan diapresiasi oleh Kementerian/ Lembaga dan publik,  dimana  diganjar lebih  dari  22  penghargaan pada tahun 2022 lalu.  Gus Men juga mengajak untuk menjaga prestasi di atas.  Dan tahun ini,  harus lebih baik dari tahun kemarin.

Dengan tema Kerukunan Umat untuk Indonesia Hebat, tugas berat mesti ditunaikan oleh seluruh ASN Kementerian Agama terebih lagi menjelang pemilu 2024 ini.

"Keluarga besar Kementerian Agama, bersama tokoh agama dan tokoh masyarakat harus terdepan dalam membina dan membangun suasana rukun dan damai agar perjalanan dan tahapan Pemilu dapat dinikmati  sebagai  pesta demokrasi  dalam  pengertian yang sesungguhnya." Dalam salah satu kutipannya.

Dengan dilaksanakannya peringatan Hari Amal Bakti Kementerian AgamaRI ke-77 tahun ini, Gus Men mengajak Keluarga besar Kementerian Agama untuk meningkatkan soliditas organisasi.

Selamat  memperingati   Hari   Amal  Bakti  ke-77 Kementerian   Agama.   Semoga  Kementerian  Agama terus jaya,  serta menjadi oase dan pelayan masyarakat yang terbaik.

Sebagai informasi, Setelah upacara, momen tersebut dimanfaatkan untuk foto-foto bersama menggunakan pakaian adat. Pada upacara tahun ini juga diberikan penghargaan Satyalancana Karya Satya kepada ASN Kementerian Agama yang telah mengabdi selama 10 hingga 30 tahun.

Ayo Semangat! STAIN MADINA Menuju IAIN. (Tim Humas)

Share To :