Berita / Kemahasiswaan

Prodi Tadris Matematika STAIN Madina Sukses Mengadakan Visiting Lecturer dengan Dosen dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

JULI AHMAD, M.Pd.I (Koord. Humas) - 29 April 2024


Panyabungan – Senin, 29 April 2024. Prodi Tadris Matematika STAIN Madina sukses menggelar kegiatan visiting lecturer (dosen tamu) dengan menghadirkan Dr. Tita Khalis Maryati, S.Si., M.Kom dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Pada Selasa, 23 April 2024. Kegiatan Visiting lecturer ini dihadiri oleh Kaprodi dan Sekprodi Prodi Tadris  Matematika Suadi, M.Pd dan Sahyoni, M.Pd, Kaprodi dan Sekprodi Prodi Tadris Biologi Dr. Melda Diana Nasution, M.Pd dan Akhrif Yahsya, M.Hum serta Kaprodi dan Sekprodi Tadris IPA Muhammad Ari Saputra, M.Pd dan Dwi Arga Wahyudi, M.Hum. Tema kegiatan ini adalah: “Manfaat Matematika Bagi Kehidupan” dan erat kaitannya dengan Matakuliah Matakuliah Dasar.

Kegiatan ini berlangsung via aplikasi Zoom dan dihadiri oleh mahasiswa Prodi Tadris Matematika, Tadris IPA dan Tadris Biologi. Kaprodi Tadris Matematika dalam sambutannya menyatakan bahwa kegiatan visiting lecturer tersebut sebagai realisasi kerjasama MoA antara Prodi Tadris Matematika STAIN Madina dengan Prodi Pendidikan Matematika UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Kegiatan tersebut untuk menambah wawasan mahasiswa dan motivasi untuk belajar.

“Ya kegiatan ini adalah realisasi dari kerjasama MoA antara Prodi Prodi Tadris Matematika STAIN Madina dengan Prodi Pendidikan Matematika UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Maka dengan kegiatan ini, diharapkan menambah positif wawasan mahasiswa, menyerap ilmu dari dosen di kampus lain, memotivasi mahasiswa untuk belajar dan mewujudkan cita-citanya,” ujarnya.

Kegiatan ini berlangsung lancar dengan moderator sekprodi Tadris Mmatematika Sahyoni M.Pd. Di tengah penyampaian materi, Dr. Tita Khalis Maryati, S.Si, M.Kom yang berlatar belakang S1 dan S3 Ilmu Matematika dan S2 ilmu komputer, menjabarkan bahwa begitu pentingnya matematika dalam kehidupan, termasuk perannya dalam media informasi digital seperti komputer, smartphone dan kemampuan logika manusia.

“Ya, Matematika itu sudah ada sejak ribuan tahun sejak bangsa Sumeria/Babilonia dan India kuno menciptakan dasar sistem hitung dan waktu. Matematika juga berkontribusi terhadap dunia digital, sistem bilangan dalam menjalankan sistem komputer, keamanan sistem digital dan crypto, dan dalam kehidupan sehari-hari dalam logika matematika,” paparnya.

Dalam sesi tanya jawab, mahasiswa antusias menyampaikan pertanyaan berkaitan cara mengajar Matematika dan Matematika dalam sistem computer, bahkan sampai kiat-kiat produktif menulis di jurnal bereputasi. Dr. Tita Khalis Maryati, S.Si., M.Kom dengan jejak menulis publikasi 34 karya ilmiah dan 20 publikasi terindeks scopus, menjawab dengan lancar disertai melemparkan pertanyaan balik terkait bahasa kode angka classic cryptography dalam encrypsi dan decrypsi yang kerap digunakan dalam sistem komputer dan alat-alat digital. Petanyaan tersebt mmapu dijawab oleh salah satu Mahasiswa Tadris Matematika yaitu Nisma Hayati.

Ayo Semangat ! STAIN MADINA Menuju IAIN.(Tim Humas)

Share To :