Berita / Akademik

STAIN Mandailing Natal Gelar Rapat Persiapan PPL T.A 2022/2023

JULI AHMAD, M.Pd.I (Koord. Humas) - 29 Desember 2022


Panyabungan - Kamis, 29 Desember 2022. Panitia Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) mengadakan rapat persiapan pelaksanaan PPL di gedung serbaguna STAIN Mandailing Natal, Kamis (29/12). Rapat ini dihadiri Ketua STAIN Mandailing Natal Dr. H. Sumper Mulia Harahap, M.Ag., Wakil Ketua Bidang Akademik dan Kelembagaan Dr. H. Dedisyah Putra, M.A., Wakil Ketua Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr. irma Suryani Siregar, M.A., Kabag AUK Irfan Mustofa, S.E, M.A, Kepala Laboratorium, Ketua dan Sekretaris Prodi.

Beberapa agenda rapat diantaranya, pembahasan buku pedoman PPL sebagai acuan pelaksanaan dari kegiatan PPL, pembekalan, lokasi, dosen pamong dan dan teknis pelaksanaan PPL. 

Dr. H. Sumper Mulia Harahap, M.Ag. selaku Ketua STAIN Mandailing Natal mengatakan bahwa ini merupakan sejarah bagi STAIN Mandailing Natal karena banyak prodi yang baru memulai PPL tahun ini. 

“Semoga praktikum kita ini menjadi sejarah, karena ini kali pertama kita laksanakan praktikum dengan jumlah prodi yang banyak. Kita berharap ada sinergi antar semuanya agar dapat meminimalisir masalah yang akan terjadi dan mengganggu kesuksesan PPL kita tahun ini,” ungkap beliau.

Ketua STAIN Mandailing Natal optimis PPL tahun ini sukses terlaksana. Optimisme ini beliau sampaikan karena tidak jarang tempat praktikum merupakan masa depan mahasiswa setelah tamat dari kampusnya. Beliau juga mengatakan mahasiswa PPL akan sekaligus membawa misi sebagai duta STAIN Madina sehingga perlu dipersiapkan bimbingan terkait etika berpakaian, kedisiplinan dan perilaku selama menjalani masa PPL. 

"Misi itu akan jadi penting untuk kita sebagai promosi kampus. Kita harapkan kehadiran mahasiswa kita betul-betul mendatangkan manfaat bagi mereka dan juga membawa misi tentang lembaga kita." Ucap Dr. Sumper.

Rapat berjalan dinamis dan produktif dengan forum yang sangat membangun. Ini diharapkan dapat menguatkan prodi dan dosen sebagai fasilitator pengembangan kompetensi mahasiswa kedepannya.

Sebagai informasi, Wakil Ketua Bidang Akademik dan Kelembagaan menyampaikan rencananya PPL berlangsung mulai tanggal 16 Januari - 9 Maret 2023 dengan jadwal supervisi pada tanggal 20 Februari 2023. Untuk pembekalan berjalan selama 3 hari yang dimulai tanggal 10-12 januari 2022. Setiap jadwal pembekalan dibagi dalam 3 sesi, yaitu sesi pertama pukul 7.30-10.00 wib, sesi kedua pukul 10.05-12.00 wib, dan sesi ketiga 13.30-15.30 wib. Jadwal pendaftaran sudah dimulai secara online dan rencana akan tutup pada tanggal 2 Januari 2023.

Ayo Semangat! STAIN MADINA Menuju IAIN. (Tim Humas)

Share To :