Berita / Kemahasiswaan

UKM Fotografi Potret STAIN Madina Ikut Serta Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia Di Mandailing Natal

JULI AHMAD, M.Pd.I (Koord. Humas) - 06 Juni 2023


Panyabungan – Selasa, 6 Juni 2023. Dalam rangka hari lingkungan hidup sedunia yang yang diselenggarakan oleh dinas lingkungan hidup kabupaten mandailing natal, dengan tema “Invest Our Planet”. Sejumlah Forkopimcam dan Mahasiswa melakukan kegiatan gotong royong membersihkan sampah diseputaran Pasar Lama Panyabungan. Agenda ini dilaksanakan pada Senin (05/06).

Hadir dalam acara tersebut, Bupati Madina diwakili Asisten II Setdakab Madina dr Syarifuddin Nasution , Pabung Dandim 0212 TS, Danramil 13, Kepala Dinas Lingkungan hidup, Kadispora, perwakilan OPD, Camat Panyabungan, lurah, petugas kebersihan Dinas Lingkungan Hidup, dan beberapa perwakilan mahasiswa.

Mahasiswa yang berpartisipasi di aksi bersih-bersih tersebut mengajak masyarakat awasi dan membuang sampah pada tempatnya guna menjaga kebersihan lingkungan. Nampak jelas saat kegiatan berlangsung yg paling banyak mendominasi sungai aek mata adalah sampah, itu yang mengindikasikan kurangnya kesadaran serta pengawasan masyarakat untuk kelestarian sungai.

"Kegiatan ini sudah beberapa kali dilakukan oleh pemkab madina namun hanya di hari hari tertentu saja, tapi alangkah baiknya jika ada kebijakan "khusus" dari pemkab untuk menangani permasalahan lingkungan yg terutama sampah," ucap Fiqri mahasiswa STAIN Madina selaku Sekretaris WCD Madina.

Fiqri berharap masyarakat dan pemerintah daerah saling bahu membahu untuk penyelesaian masalah lingkungan dan sampah. Ini bukan hanya menjadi tugas pemerintah namun masyarakat juga termasuk peran utama dalam penanganannya.

Rahmadani selaku ketua umum UKM Fotografi POTRET STAIN Madina yang Ikut serta di dalam acara tersebut mengatakan bahwa Acara-acara seperti ini memang penting untuk dilakukan mengingat banyaknya sampah yang tidak terkondisikan dengan baik oleh sebagian besar kelompok masyarakat. 
Beliau juga berpendapat bahwa sampah di masyarakat Mandailing Natal dapat dimanfaatkan dengan cara daur ulang. Hal ini tentu butuh peran Pemerintah Daerah untuk memulai dengan program sosialisasi dan memfasilitasi alat untuk daur ulang sampah tersebut. Dimana nantinya sampah-sampah ini akan dapat menghasilkan produk-produk yang memiliki nilai ekonomis bagi Pemerintah setempat.

Rahmadani berharap agar masyarakat selalu bergotong royong untuk menjaga lingkungan untuk menciptakan kondisi yang lebih baik kedepan. 

“Hal itu juga sebagai bukti rasa syukur kita kepada Tuhan yang Maha Esa atas SDA yang berlimpah dengan menjaga alam ini dengan baik. Sesuai dengan Tagline Negeri kita Negeri Mandailing Natal yakni “MADINA BERSYUKUR, MADINA BERBENAH”. tutup Ketua Potret STAIN Madina.

Ayo Semangat! STAIN MADINA Menuju IAIN. (Tim Humas)

Share To :