Berita / Kemahasiswaan

Untuk Pertama Kalinya, PBAK STAIN Mandailing Natal 2023 Dibuka Dengan Sidang Senat Terbuka

JULI AHMAD, M.Pd.I (Koord. Humas) - 25 Agustus 2023


Panyabungan - Jum'at, 25 Agustus 2023. Sekretaris Senat H. Dedisyah Putra, M.A, Ph.D mewakili Ketua Senat STAIN Mandailing Natal Dr. H. Sumper Mulia Harahap, M.Ag. membuka sidang senat terbuka di hari pertama Pengenalan Budaya Akademik Kemahasiswaan (PBAK) STAIN Madina Tahun Akademik 2023-2024 dengan mengetuk palu pada Jum'at, (24/08). Acara ini dihadiri oleh seluruh anggota senat beserta panitia yang terdiri dari Dosen, Pegawai dan Mahasiswa yang tergabung dalam Dema, Sema, UKK dan UKM STAIN Madina.

Acara pembukaan PBAK juga ditandai dengan pelepasan balon oleh anggota senat dan disaksikan seluruh jajaran panitia juga peserta, yang dirancang oleh tim kreatif STAIN Mandailing Natal.

Kemudian acara dilanjutkan dengan kata sambutan dari wakil ketua 3 sekaligus ketua panitia ibu Dr. Irma Suryani Siregar, M.Pd. beliau menuturkan: "Hari ini adalah pembukaan PBAK yang mana acara ini merupakan hal wajib untuk diikuti oleh seluruh mahasiswa baru dan peserta PBAK saat ini berjumlah sekitar kurang lebih 845 orang dengan 20 program studi"

Dr. Dedi memotivasi peserta agar senantiasa giat dalam mengasah kemampuan diri selama menghadapi perkuliahan. 

"Adik-adik mahasiswa sekalian yakinlah, masih banyak saudara kita di luar sana yang mengharapkan untuk bisa kuliah hari ini, yakinlah masih banyak teman-teman yang satu angkatan, satu almamater, satu sekolah, satu pesantren ingin bisa melanjutkan pendidikannya seperti yang adinda tempuh pada hari ini" tutur Dr. Dedi dalam penyampaian bimbingan dan arahannya.

Pada kesempatan lain, Ketua STAIN Mandailing Natal Dr. H. Sumper Mulia Harahap, M.Ag sembari mengucap syukur kepada Allah Swt. menyampaikan selamat mengikuti kegiatan PBAK kepada seluruh peserta. Beliau juga mengucapkan selamat datang kepada Mahasiswa Baru STAIN Madina.

"Alhamdulillah, dua hari ini kami akan perkenalkan kampus STAIN Madina ke calon Mahasiswa Baru yang jumlahnya tahun ini mencapai hanya 845, meningkat sedikit dari tahun lalu. Its oke, yok kita fokus untuk meningkatkan kualitas internal dari berbagai aspek. Khususnya, penguatan Karakter Keilmuan melalui pendidikan dan pengajaran, Research, dan tidak kalah penting aspek pengabdian kepada masyarakat."

"Selamat datang Mahasiswa Baru STAIN Madina. Raih cita-cita mu setinggi-tingginya. Tapi ingatlah, keberhasilanmu di masa mendatang tidak terlepas dari cara kamu memulainya pada hari ini. Kalian adalah pewaris kami sebagaimana kami juga pewaris sebelumnya." Ungkap Dr. Sumper Mulia.

Acara pembukaan pengenalan budaya akademik kemahasiswaan ditutup dengan do'a yang dipimpin oleh ketua program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida'iyah (PGMI) Parulian, M.Pd.

Share To :